Rapat Koordinasi Lembaga Penyelenggara Program BIPA 2013

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, sebagai lembaga pemerintah yang mengemban tugas meningkatkan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional, berupaya mewujudkan tanggung jawabnya melalui upaya mengoordinasi pemangku kepentingan BIPA. Upaya itu secara nyata dilaksanakan dengan menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Lembaga Penyelenggara Program BIPA untuk yang pertama kalinya. Rakor tersebut dimaksudkan untuk mewadahi gagasan bernas dari pakar, praktisi, pengelola, pemerhati, dan pembuat kebijakan di bidang pengajaran BIPA untuk merumuskan landasan yang kukuh guna menyinergikan peran setiap pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan program BIPA pada masa yang akan datang.

Read more...

Koordinasi dan Evaluasi Lembaga Penyelenggara Program BIPA 2013

Tugas peningkatkan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 44 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan sebagian besar telah dilaksanakan oleh lembaga penyelenggara program BIPA yang menyelenggarakan program bahasa Indonesia bagi penutur asing. Lembaga penyelenggara program BIPA, baik yang berupa perguruan tinggi, lembaga kursus, maupun sekolah internasional di dalam negeri dan di luar negeri memegang peranan penting dalam pengembangan program BIPA.

 

Read more...

Penyusunan Buku Saku bagi Orang Asing

Pada tahun 2013 Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyusun sebuah buku saku ungkapan praktis bahasa Indonesia bagi orang asing yang diberi judul Tujuh Hari Pertamamu di Indonesia (Your First Seven-Days in Indonesia). Buku yang diharapkan dapat dimanfaatkan oleh orang asing yang berkunjung ke Indonesia ini berisi ungkapan-ungkapan praktis bahasa Indonesia sebagai materi komunikasi sederhana bagi orang asing yang berinteraksi dengan orang Indonesia. Dengan menggunakan buku ini, diharapkan orang asing dapat terbantu pada tahap awal aktivitasnya di Indonesia.

Read more...