Rapat Koordinasi Lembaga Penyelenggara Program BIPA 2013

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, sebagai lembaga pemerintah yang mengemban tugas meningkatkan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional, berupaya mewujudkan tanggung jawabnya melalui upaya mengoordinasi pemangku kepentingan BIPA. Upaya itu secara nyata dilaksanakan dengan menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Lembaga Penyelenggara Program BIPA untuk yang pertama kalinya. Rakor tersebut dimaksudkan untuk mewadahi gagasan bernas dari pakar, praktisi, pengelola, pemerhati, dan pembuat kebijakan di bidang pengajaran BIPA untuk merumuskan landasan yang kukuh guna menyinergikan peran setiap pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan program BIPA pada masa yang akan datang.

Rapat Koordinasi Lembaga Penyelenggara Program BIPA yang dilaksanakan di Hotel All Seasons, Jakarta pada 9--11 Desember 2013 itu mengangkat tema “Sinergi Antarpemangku Kepentingan BIPA Menuju Kedigdayaan Bahasa Indonesia di Dalam dan Luar Negeri”. Selaras dengan tema tersebut, rakor tersebut secara khusus bertujuan
a. menyamakan persepsi pemangku kepentingan BIPA tentang peran Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dalam penyelenggaraan program BIPA;
b. mewujudkan koordinasi, kerja sama, dan komunikasi yang harmonis antarpemangku kepentingan BIPA.

Pembicara sidang pleno dalam rakor tersebut adalah (1) Kepala Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Dra. Yeyen Maryani, M.Hum., yang membahas topik Peran Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dalam Standardisasi Program BIPA serta (2) Deputi Direktur Diplomasi Publik, DItjen Informasi dan Diplomasi Publik, Kementerian Luar Negeri, Azis Nurwahyudi, yang membahas Kebijakan Dukungan Pengajaran BIPA di Luar Negeri dalam Kerangka Diplomasi Budaya. Sementara itu, diskusi kelompok dilaksanakan dengan membahas tiga topik berikut.

  1. Standardisasi Kurikulum dan Silabus Program BIPA yang dipimpin Dr. Widodo Hs. (Universitas Negeri Malang) dan Drs. Agus Soehardjono, M.M. (Wisma Bahasa Yogyakarta)
  2. Standardisasi Materi Ajar BIPA yang dipimpin oleh Drs. Soeharsono, M.Hum. (Universitas Gadjah Mada) dan Dra. Liliana Muliastuti, M.Pd. (Universitas Negeri Jakarta)
  3. Standardisasi Kompetensi Pengajar BIPA yang dipimpin oleh Nyoman Riasa, M.Pd. (APBIPA) dan Dr. Felicia N. Utorodewo (SEAMEO QITEP in Language)

Peserta yang hadir dan berpartisipasi aktif dalam rakor tersebut sebanyak 71 orang dengan perincian 34 orang dari Balai/Kantor Bahasa, 27 orang dari lembaga penyelenggara program BIPA, dan 10 orang pimpinan dan staf Badan Bahasa. Draf rumusan hasil rakor selengkapnya dapat dilihat di sini.