Berita Bahasa dan Sastra

11/29/2016 | Kegiatan
Badan Bahasa meraih juara umum ketiga dengan raihan dua emas, satu perak, dan enam perunggu dalam Pertandingan Olahraga dan Seni Antarunit Utama menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-45.
11/29/2016 | Kegiatan
Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Prof. Dr. Dadang Sunendar mengambil sumpah empat Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Balai Bahasa Bali di Kantor Balai Bahasa Bali, Denpasar, Selasa, 29 November 2016.
11/23/2016 | Kegiatan
“Dengan berdiskusi, kita dapat memperkaya bahasa, data, dan pikiran kita, serta mungkin dapat menemukan solusi dari kesulitan kita,” kata Kepala Balai Bahasa Provinsi Riau.
11/18/2016 | Kegiatan
Pusat Pengembangan dan Pelindungan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa telah menyelenggarakan Sidang Komisi Istilah II di Hotel GH Universal, Bandung, pada tanggal 15—18 November 2016.
11/17/2016 | Kegiatan
Denpasar—Sebagai salah satu upaya menduniakan bahasa dan sastra Indonesia dan menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya Indonesia, Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia se-Indonesia (IMABSII) menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-5 tahun 2016 di Universitas Udayana, Denpasar, Bali, 14-18 November 2016.
11/17/2016 | Kegiatan
Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Dadang Sunendar meluncurkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) V versi luar jaringan (luring) di Hotel GH Universal, Bandung, Kamis malam, 17 November 2016.

Tokoh Bahasa dan Sastra

Praptomo Baryadi Isodarus adalah guru besar linguistik di Fakultas Sastra Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Penyair yang dikenal sebagai pemula bentuk soneta dalam kesusastraan Indonesia modern ini dilahirkan di Sawahlunto,
Pramoedya Ananta Toer lahir di Blora, Jawa Tengah, tanggal 6 Februari 1925. Ayahnya adalah seorang guru yang mula-mula
Armijn Pane juga bernama Ammak, Ananta, Anom Lengghana, Antar Iras, AR., A.R., Ara bin Ari, dan Aria Indra.
Prof. Dr. Hermina Sutami adalah guru besar bahasa Mandarin di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia. Ia dilahirkan di Palembang tanggal 15 Februari 1957. Pendidikan SD – SMA diselesaikannya di Jakarta. Setelah lulus SMA, ia melanjutkan kuliah di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia (1975).

Artikel

Ethnologue (2015) mencatat sebanyak 7.102 bahasa dituturkan di seluruh dunia. Sementara itu, di Indonesia tercatat 707 bahasa yang dituturkan sekitar 221 juta penduduk. Itu berarti bahwa kurang lebih sepuluh persen dari jumlah bahasa di dunia ada di Indonesia. Di satu sisi, hal itu menjadi suatu...
Ada yang mengatakan bahwa permasalahan yang sering kita alami dalam memahami teks sastra terkait dengan sikap filosofis sastrawan. Pendapat yang umum telah disepakati adalah permasalahan dalam pemahaman teks sastra ini muncul bukan melalui eksploitasi semantik (atau pragmatik) khusus dalam sastra,...
"Linguistik sastrawi" membincangkan penerapan teori linguistik untuk kajian sastra. Perdebatan mengenai absah atau tidaknya melakukan pengkajian dengan menggunakan parameter linguistik terhadap teks sastra, pernah dijawab para pakar linguistik dalam Konferensi Interdisiplener tentang Gaya...