Berita Bahasa dan Sastra

08/19/2017 | Kegiatan
Jakarta, Badan Bahasa—Pada malam ini keinginan menerima ucapan selamat terpilih sebagai Duta Bahasa Nasional Terbaik Tahun 2017 terlihat jelas di wajah 62 orang finalis Duta Bahasa 2017. Paling tidak, itulah keriuhan ekspresi raut muka finalis Duta Bahasa 2017 di balik busana daerah, yang mewakili provinsi masing-masing, yang berwarna-warni, indah dan meriah.
08/19/2017 | Kegiatan
Jakarta, Badan Bahasa—Pusat Pembinaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menggelar perhelatan akbar puncak acara “Pemilihan Duta Bahasa Nasional 2017” di Hotel Santika TMII, Cawang, Jakarta pada Jumat, 18 Agustus 2017. Sejumlah 62 orang peserta duta bahasa daerah dari 31 provinsi di Indonesia berkompetisi untuk menjadi Duta Bahasa Nasional terbaik pada tahun ini.
08/18/2017 | Bulan Bahasa dan Sastra
Finalis Duta Bahasa 2017 yang berjumlah 68 orang beraudiensi dengan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Prof. Dr. Sri Adiningsih, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Prof. Dr. Malik Fadjar, dan Deputi Bidang Advokasi Unit Kerja Presiden Pemantapan Ideologi Pancasila (UKP-PIP), Prof. Dr. Hariyono di Kantor Wantimpres, Jakarta, Jumat, 18 Agustus 2017.
08/17/2017 | Kegiatan
Presiden Jokowi meresmikan Simpang Susun Semanggi bertepatan dengan HUT ke-72 RI di depan Plaza Semanggi, Jakarta, Kamis malam, 17 Agustus 2017.
08/16/2017 | Kegiatan
Anak yang gemar membaca akan memiliki kemampuan untuk melihat sebuah sebuah peristiwa dengan beragam perfektif. Imajinasi yang didapatkan melalui membaca buku atau mendengarkan cerita akan membantu berpikir anak menjadi lebih kreatif dan inovatif. Semakin dini anak dikenalkan dengan buku dan dibacakan cerita semakin baik bagi anak dalam meningkatkan kemampuan keaksaraannya.
08/15/2017 | Kegiatan
Pusat Pengembangan Strtegi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK), Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa melaksanakan Lomba Debat Bahasa Indonesia bagi Pemenang Lomba Pidato dan Bercerita di Jakarta, 15 Agustus 2017 dalam rangkaian kegiatan Apresiasi bagi Pemenang Lomba Pidato dan Bercerita dalam Bahasa Indonesia yang dilaksanakan di Jakarta dan Bali 14--21 Agustus 2017.

Tokoh Bahasa dan Sastra

Suardi Tasrif mengajarkan kepada anak-anaknya bahwa segala sesuatu harus terencana dengan baik sehingga tidak ada semacam ketergantungan.
Adinegoro lahir di Talawi, Sumatera Barat, pada tanggal 14 Agustus 1904. Nama aslinya sebenarnya bukan Adinegoro,
J.E. Tatengkeng atau lengkapnya Jan Engelbert Tatengkeng adalah penyair Pujangga Baru.
Motinggo Boesje adalah nama samaran. Nama yang diberikan oleh orang tuanya adalah Bustami, tetapi dia mengganti namanya dengan Motinggo Boesje dan nama itulah yang kini lebih dikenal.
Sanusi Pane dilahirkan di Muara Sipongi, Tapanuli Selatan pada tanggal 14 November 1905. Ia adalah kakak kandung

Artikel

Sore itu di sela-sela derasnya kebudayaan asing yang kian menjamur,  Pulau Penyengat, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau menghidupkan kembali kebudayaannya yang pernah mati suri kurang lebih selama setengah abad, yaitu wayang cecak. Begitulah yang Azmi Mahmud, seorang seniman asli...
PENDAHULUAN Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) merupakan perwujudan  gagasan bernas para ahli bahasa dan pengambil kebijakan bahasa dalam momentum besar Kongres Bahasa Indonesia V Tahun 1988. Amanat kongres tentang diperlukannya bahan ujian bahasa Indonesia yang bersifat nasional menjadi...
Dalam upaya mencegah kepunahan bahasa dan sastra daerah Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa mengadakan program revitalisasi guna menyelamatkan kembali bahasa dan sastra yang hampir punah. Program revitalisasi ini berada di bawah Subbidang Revitalisasi, Bidang Pelindungan, Pusat Pengembangan dan...