Berita Bahasa dan Sastra

05/04/2016 | Siaran Pers
Dalam rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan acara “Harmoni Bersama Masyarakat”, Minggu 8 Mei 2016, pukul 06.00—10.00 WIB, di lokasi Hari Bebas Kendaraan Bermotor, depan FX Sudirman, Jakarta.
05/03/2016 | Seminar dan Lokakarya
Pusat Pengembangan dan Pelindungan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) bersama Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) menyelenggarakan Seminar Sehari Bahasa Isyarat Indonesia, Selasa, 3 Mei 2016 di Aula Gedung Samudera Badan Bahasa, Rawamangun, Jakarta Timur.
04/29/2016 | Kegiatan
“Hari kedua kegiatan literasi di Balai Bahasa Sumatera Utara yang digelar di kampus Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara (USU), Medan. Saya melihat gairah menulis yang menyala-nyala, saya membaca mimpi-mimpi besar para penggerak dunia literasi di Medan,” tulis Damhuri Muhammad dalam akun facebook-nya.
04/28/2016 | Seminar dan Lokakarya
Dalam rangka memutakhirkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Pusat Pengembangan dan Pelindungan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) mengadakan Lokakarya Pemutakhiran KBBI Tahap I, Kamis, 28 April 2016 di Aula Gedung Samudera, Rawamangun, Jakarta Timur.
04/28/2016 | Kegiatan
Dalam rangka pemartabatan bahasa negara (terutama di ruang publik), Kamis, 28 April 2016, Kepala Balai Bahasa Jawa Barat, Abdul Khak bertemu dengan Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadi Sastra, di ruang kerjanya, Kantor Bupati Cirebon, Jawa Barat.
04/28/2016 | Kegiatan
Kantor Bahasa Kaltim bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Samarinda menyelenggarakan kegiatan Bengkel Sastra “Dongeng” bagi Guru PAUD dan SD/MI di Kota Samarinda, 27—30 April 2016 di Aula SMK Negeri 1, Samarinda.

Tokoh Bahasa dan Sastra

W.S. Rendra, yang bernama asli Willibrodus Surendra Broto, lahir di Solo pada tanggal 7 November 1935 dari pasangan R. Cyprianus Sugeng Brotoatmodjo dan Raden Ayu Catharina Ismadillah.
Pramoedya Ananta Toer lahir di Blora, Jawa Tengah, tanggal 6 Februari 1925. Ayahnya adalah seorang guru yang mula-mula
Korrie Layun Rampan dilahirkan di Samarinda, Kalimantan Timur, 17 Agustus 1953.
Triyanto Triwikromo lahir di Salatiga, 15 September 1964. Lulus Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS IKIP Semarang.
Kegemaran membaca dan menulis Helvy Tiana Rosa telah digeluti sejak kecil. Perempuan yang dilahirkan,

Artikel

Ethnologue (2015) mencatat sebanyak 7.102 bahasa dituturkan di seluruh dunia. Sementara itu, di Indonesia tercatat 707 bahasa yang dituturkan sekitar 221 juta penduduk. Itu berarti bahwa kurang lebih sepuluh persen dari jumlah bahasa di dunia ada di Indonesia. Di satu sisi, hal itu menjadi suatu...
Ada yang mengatakan bahwa permasalahan yang sering kita alami dalam memahami teks sastra terkait dengan sikap filosofis sastrawan. Pendapat yang umum telah disepakati adalah permasalahan dalam pemahaman teks sastra ini muncul bukan melalui eksploitasi semantik (atau pragmatik) khusus dalam sastra,...
"Linguistik sastrawi" membincangkan penerapan teori linguistik untuk kajian sastra. Perdebatan mengenai absah atau tidaknya melakukan pengkajian dengan menggunakan parameter linguistik terhadap teks sastra, pernah dijawab para pakar linguistik dalam Konferensi Interdisiplener tentang Gaya...