Berita Bahasa dan Sastra

07/29/2016 | Bulan Bahasa dan Sastra
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengundang pemuda dan pemudi terbaik untuk mengikuti Pemilihan Duta Bahasa DKI Jakarta Tahun 2016
07/29/2016 | Seminar dan Lokakarya
Seminar Leksikografi Indonesia merupakan wadah bagi para leksikograf dan praktisi kamus untuk saling berkomunikasi, menjalin kerja sama, dan bertukar informasi terkini tentang teori leksikografi dan praktik peyusunan kamus mutakhir.
07/29/2016 | Kegiatan
Bertempat di Ruang Sidang Graha Utama, Gedung Ki Hajar Dewantara, Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Mendikbud, Prof. Dr. Muhadjir Effendy bersilaturahmi sekaligus memperkenalkan diri dengan pejabat eselon I, II, III di lingkungan Kemendikbud, Jumat, 29 Juli 2016.
07/28/2016 | Kegiatan
Fenomena seni drama sebagai aktivitas ekstrakurikuler maupun aktivitas di luar sekolah cenderung meningkat dari tahun ke tahun, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Padang, Medan, dan kota-kota lain. Di Kota Medan, drama atau seni akting ini juga telah menjadi salah satu aktivitas yang paling populer dan diminati para pelajar dan remaja.
07/27/2016 | Kegiatan
Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Dr. Hurip Danu Ismadi menegaskan bahwa pemanfaatan data Badan Bahasa berupa data kamus, glosarium, ensiklopedia, dan sebagainya harus melalui izin tertulis dari Kepala Badan Pembinaan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
07/27/2016 | Seminar dan Lokakarya
Dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam pengembangan dan pelindungan bahasa, Pusat Pengembangan dan Pelindungan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Seminar Leksikografi Indonesia dengan mengangkat tema “Tantangan Leksikografis Bahasa-Bahasa Daerah di Indonesia” di Hotel Santika, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa, 26 Juli 2016.

Tokoh Bahasa dan Sastra

Nama Aman Datuk Madjoindo sudah tidak asing lagi dalam dunia sastra di Indonesia. Terutama dalam dunia cerita anak. Salah satunya adalah Si Doel Anak Betawi.
Triyanto Triwikromo lahir di Salatiga, 15 September 1964. Lulus Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS IKIP Semarang.
Dee, yang bernama lengkap Dewi Lestari, dilahirkan di Bandung, 20 Januari 1976. Ia anak ke- 4 dari 5 bersaudara dari pasangan
Nama lengkap A.A. Navis adalah Ali Akbar Navis, tetapi sepanjang kariernya ia lebih dikenal dengan namanya yang lebih simpel A.A. Navis.
Idrus lahir pada tanggal 21 September 1921, di Padang, Sumatera Barat.

Artikel

Ethnologue (2015) mencatat sebanyak 7.102 bahasa dituturkan di seluruh dunia. Sementara itu, di Indonesia tercatat 707 bahasa yang dituturkan sekitar 221 juta penduduk. Itu berarti bahwa kurang lebih sepuluh persen dari jumlah bahasa di dunia ada di Indonesia. Di satu sisi, hal itu menjadi suatu...
Ada yang mengatakan bahwa permasalahan yang sering kita alami dalam memahami teks sastra terkait dengan sikap filosofis sastrawan. Pendapat yang umum telah disepakati adalah permasalahan dalam pemahaman teks sastra ini muncul bukan melalui eksploitasi semantik (atau pragmatik) khusus dalam sastra,...
"Linguistik sastrawi" membincangkan penerapan teori linguistik untuk kajian sastra. Perdebatan mengenai absah atau tidaknya melakukan pengkajian dengan menggunakan parameter linguistik terhadap teks sastra, pernah dijawab para pakar linguistik dalam Konferensi Interdisiplener tentang Gaya...