Berita Bahasa dan Sastra

07/19/2017 | Seminar dan Lokakarya
Badan Bahasa mengadakan Seminar Kritik Sastra Indonesia dengan mengambil tema “Kritik Sastra yang Memotivasi dan Menginspirasi”.
07/19/2017 | Kegiatan
“Ayo jaga bahasa negara, rekat kebinekaan” merupakan slogan yang diusung oleh Pusat Pembinaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, dalam acara Deklarasi Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik.
07/19/2017 | Kegiatan
Kepala Pusat Pengembangan dan Pelindungan (Pusbanglin), Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hurip Danu Ismadi mengkritisi penggunaan tes bahasa Inggris (TOEFL) sebagai syarat mengikuti S-2 dan S-3 di Indonesia.
07/18/2017 | Kegiatan
Balai Bahasa Jawa Barat, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan menyelenggarakan Babak Final Festival Musikalisasi Puisi Tingkat SLTA se-Jawa Barat di Hotel Travello Bandung pada Selasa, 18 Juli 2017.
07/18/2017 | Kegiatan
Ancol, Jakarta-Pusat Pembinaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menggelar Musyawarah Nasional Sastrawan Indonesia (Munsi) II di Hotel Mercure Ancol, Jakarta pada 18—20 Juli 2017. Acara ini bertema “Sastra sebagai Penjaga Kebinekaan Indonesia”. Acara itu dihadiri oleh 180 orang peserta yang terdiri atas para sastrawan dari hasil seleksi karya; sastrawan penyumbang puisi dalam Antologi Puisi Munsi 2016; pelaksana program Sastrawan Berkarya di Daerah 3T; pemenang penghargaan Badan Bahasa; dan pegiat sastra.
07/17/2017 | Seminar dan Lokakarya
Panitia Seminar Leksikografi Indonesia 2017 telah menetapkan daftar peserta terpilih untuk mengikuti seminar yang akan dilaksanakan pada tanggal 9—11 Agustus 2017 di Hotel Aryaduta, Jakarta.

Tokoh Bahasa dan Sastra

Ajip Rosidi adalah sastrawan, budayawan, dosen, dan redaktur penerbit serta pendiri dan Ketua Yayasan Kebudayaan Rancage. Ia dilahirkan pada tanggal 31 Januari 1938 di Jatiwangi, Majalengka, Cirebon, Jawa Barat.
Hasan Alwi adalah mantan Kepala Pusat Bahasa, Jakarta. Ia dilahirkan di Talaga, Cirebon, Jawa Barat,
Abdul Gani Asyik lahir pada tanggal 12 Agustus 1936 di kampung Teupin Punti, Lhokseukon, Aceh Utara. Asyik kecil tumbuh menjadi pemuda yang memiliki visi masa depan dan memiliki semangat untuk selalu menjadi yang terbaik.
Aoh Karta Hadimadja, yang sering menggunakan nama samaran Karlan Hadi, lahir di Bandung pada tanggal 15 September 1911
Dee, yang bernama lengkap Dewi Lestari, dilahirkan di Bandung, 20 Januari 1976. Ia anak ke- 4 dari 5 bersaudara dari pasangan

Artikel

Dalam upaya mencegah kepunahan bahasa dan sastra daerah Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa mengadakan program revitalisasi guna menyelamatkan kembali bahasa dan sastra yang hampir punah. Program revitalisasi ini berada di bawah Subbidang Revitalisasi, Bidang Pelindungan, Pusat Pengembangan dan...
  Sriyanto (Peneliti Bahasa) Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa   “Visi saya lima tahun ke depan adalah menjadikan Jakarta semakin maju, aman, adil, dan sejahtera. Untuk dapat mewujudkan itu semua, komitmen saya dan tentunya misi saya adalah, untuk mengatasi semua permasalahan...
Ethnologue (2015) mencatat sebanyak 7.102 bahasa dituturkan di seluruh dunia. Sementara itu, di Indonesia tercatat 707 bahasa yang dituturkan sekitar 221 juta penduduk. Itu berarti bahwa kurang lebih sepuluh persen dari jumlah bahasa di dunia ada di Indonesia. Di satu sisi, hal itu menjadi suatu...