Berita Badan Bahasa

Sumatera Selatan-- Di Kecamatan Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, masih banyak siswa yang menggunakan bahasa daerah di sekolah. Bahkan, guru dan staf tata usaha pun masih banyak yang menyapa siswanya dengan bahasa daerah atau bahasa sehari-hari.
11/20/2014 | Kegiatan
Makassar--Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) adalah TOEFL nya Bahasa Indonesia”, tegas Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat, Drs. Adri, M.Pd. dalam sambutannya pada acara pembukaan uji coba pembakuan soal UKBI, di Aula Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sulawesi Selatan, 20 November 2014. Lebih lanjut Adri mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting karena UKBI merupakan tes berbahasa Indonesia yang berstandar nasional dan berpeluang internasional.
11/06/2014 | Kegiatan
Televisi dan radio adalah media yang sangat penting karena memberi pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat. Penyiar adalah orang yang menyampaikan berita atau informasi (melalui media tersebut) kepada masyarakat. Oleh karena itu, Penyiar sangat berkepentingan dengan masalah bahasa karena sarana penyampaian informasi yang digunakannya adalah bahasa.
10/30/2014 | Bulan Bahasa dan Sastra
Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah menyelenggarakan Penganugerahan Penghargaan Badan Bahasa dalam rangka Bulan Bahasa Tahun 2014 di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta, 30 Oktober 2014.
10/29/2014 | Seminar dan Lokakarya
Karya sastra di Indonesia sangat beragam, terutama karya sastra yang menggunakan bahasa daerah atau sastra daerah. Keberagaman yang merupakan kekayaan bangsa Indonesia itu kalau tidak dikelola dengan baik bisa mengganggu kebersamaan atau bahkan memecah kesatuan bangsa dan negara kita.
10/28/2014 | Bulan Bahasa dan Sastra
Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86 di Provinsi Kalimantan Timur terlihat berbeda dari tahun sebelumnya. Pada peringatan tahun ini, Selasa, 28 Oktober 2014 Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur merangkai kegiatan tersebut dengan penganugerahan Piala Adibahasa 2014 Provinsi Kalimantan Timur.

Tokoh Bahasa dan Sastra

Nama Nh. Dini merupakan singkatan dari Nurhayati Srihardini. Nh. Dini dilahirkan pada tanggal 29 Februari 1936
Saini K. M. dilahirkan di Sumedang pada tangga 16 Juni 1938. Ia menyelesaikan pendidikan di Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris IKIP Bandung.
Prof. Dr. Faruk dilahirkan di Banjarmasin pada tanggal 10 Februari 1957.
Armijn Pane juga bernama Ammak, Ananta, Anom Lengghana, Antar Iras, AR., A.R., Ara bin Ari, dan Aria Indra.
Penyair yang dikenal sebagai pemula bentuk soneta dalam kesusastraan Indonesia modern ini dilahirkan di Sawahlunto,

Artikel

Pendahuluan Kamus merupakan deskripsi kosakata dari suatu bahasa. Kamus menjelaskan apa arti kata dan menunjukkan bagaimana kata itu bekerja sama untuk membentuk kalimat. Informasi yang disajikan dalam kamus itu diperoleh dari dua sumber utama, yaitu introspeksi dan observasi. Introspeksi berarti...
Pendahuluan “Bagaimana menjadikan pendidikan  bahasa (dan sastra) sebagai sesuatu yang penting?” Pertanyaan semacam ini teramat sangat substansial ketika pendidikan bahasa (dan sastra) ingin dihargai.  Bukankah pendidikan bahasa (dan sastra), baik langsung maupun tidak...
Pendahuluan Sastra dalam dirinya sudah mengandung kreativitas, maka istilah satra kreatif menimbulkan pertanyaan adakah  sastra yang  tidak kreatif? Jawabannya jelas dengan menegaskan  pumpunan karangan ini: ihwal sastra adalah ihwal kreativitas.  Namun, harus diakui juga bahwa...