Berita Badan Bahasa

02/05/2016 | Siaran Pers
Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan di bawah naungan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mengadakan kegiatan penerjemahan buku-buku sastra dan nonsastra.
01/29/2016 | Kegiatan
Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK), Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah selesai melaksanakan pembekalan tenaga pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) untuk luar negeri tahun 2016 di Hotel Whiz Prime Bogor, Jawa Barat, 21—29 Januari 2016.
01/27/2016 | Kegiatan
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan acara "Penandatanganan Perjanjian Kinerja dan Pakta Integritas Tahun 2016" di Gedung Darma, Badan Bahasa, Rawamangun, Jakarta, Rabu, 27 Januari 2016.
Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia
01/13/2016 | Kegiatan
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menyadari bahwa Pengajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing atau Pengajaran BIPA mempunyai peran yang amat penting dan strategis dalam memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat internasional. Hal itu karena Pengajaran BIPA di samping merupakan media untuk menyebarluaskan bahasa Indonesia, juga merupakan media untuk menyampaikan berbagai informasi tentang Indonesia, termasuk memperkenalkan masyarakat dan budaya Indonesia.
01/13/2016 | Kegiatan
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1436 H dengan mengangkat tema “Meneladan Mentalitas Nabi Muhammad SAW dalam Peningkatan Etos Kerja” di Aula Gedung B, Pusat Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK), Sentul, Jawa Barat, Rabu, 13 Januari 2016.

Tokoh Bahasa dan Sastra

Bahrum Rangkuti lahir pada tanggal 7 Agustus 1919 di Galang, Riau. Ayahnya bernama M. Tosib Rangkuti dan ibunya,
Nugroho Notosusanto lahir di Rembang, Jawa Tengah, pada tanggal 15 Juli 1930. Ayah Nogroho bernama R.P. Notosusanto yang mempunyai
Kegemaran membaca dan menulis Helvy Tiana Rosa telah digeluti sejak kecil. Perempuan yang dilahirkan,
Sabarti Akhadiah adalah guru besar pada Universitas Negeri Jakarta. Ia dilahirkan di Jakarta pada tanggal 23 Mei 1937.
Hamka adalah seorang sastrawan Indonesia. Selain sebagai sastrawan, ia juga dikenal sebagai ulama, ahli filsafat, dan aktivis politik.

Artikel

Ethnologue (2015) mencatat sebanyak 7.102 bahasa dituturkan di seluruh dunia. Sementara itu, di Indonesia tercatat 707 bahasa yang dituturkan sekitar 221 juta penduduk. Itu berarti bahwa kurang lebih sepuluh persen dari jumlah bahasa di dunia ada di Indonesia. Di satu sisi, hal itu menjadi suatu...
Ada yang mengatakan bahwa permasalahan yang sering kita alami dalam memahami teks sastra terkait dengan sikap filosofis sastrawan. Pendapat yang umum telah disepakati adalah permasalahan dalam pemahaman teks sastra ini muncul bukan melalui eksploitasi semantik (atau pragmatik) khusus dalam sastra,...
"Linguistik sastrawi" membincangkan penerapan teori linguistik untuk kajian sastra. Perdebatan mengenai absah atau tidaknya melakukan pengkajian dengan menggunakan parameter linguistik terhadap teks sastra, pernah dijawab para pakar linguistik dalam Konferensi Interdisiplener tentang Gaya...