Berita Bahasa dan Sastra

09/20/2017 | Bulan Bahasa dan Sastra
Pengumuman Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) bagi Guru DKI Jakarta dalam rangka Bulan Bahasa 2017
09/19/2017 | Kegiatan
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Prakongres Bahasa Indonesia XI di Hotel Dafam, Cawang, Jakarta pada Senin (19/9/2017).
09/18/2017 | Kegiatan
Rombongan SMAN 3 Jakarta melakukan kunjungan lapangan ke Laboratorium Kebinekaan Bahasa dan Sastra di Kantor Pusat Pengembangan Startegi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK), Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Sentul, Senin (18/9/2017).
09/14/2017 | Seminar dan Lokakarya
Balai Bahasa Sumatra Utara, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Seminar Internasional Sastra Lisan dan Konser Syair Alam Melayu Nusantara, hari Kamis (14/09/2017). Seminar yang dilaksanakan di Hotel Garuda Plaza tersebut bertema “Menjemput Konvensi Menggali Makna”.
09/14/2017 | Kegiatan
“Saya sangat berharap sekali, Mastera ini menjadi ajang untuk puncak karya dan puncak dari pertemuan-pertemuan para sastrawan di Asia Tenggara,” tutur Kepala Pusat Pengembangan dan Pelindungan, Hurip Danu Ismadi yang mewakili Mastera Indonesia pada saat memberikan sambutan, Kamis (14/9).
09/12/2017 | Bulan Bahasa dan Sastra
Menindaklanjuti pengumuman perlombaan Kuis Pelita Bahasa sebelumnya, seleksi tahap administrasi telah dilakukan pada tanggal 9—11 September 2017. Berdasarkan seleksi tersebut, 41 tim dinyatakan lulus.

Tokoh Bahasa dan Sastra

M.Balfas lahir di Krukut, Jakarta, pada tanggal 25 Desember 1922. Sebagai anak Betawi, ia merasa kecewa karena harus kehilangan corak asli kehidupan masyarakatnya.
Acep Zam Zam Noor, seorang penyair yang lahir di Cipasung, tepatnya di Pondok Pesantren Cipasung
Ajip Rosidi adalah sastrawan, budayawan, dosen, dan redaktur penerbit serta pendiri dan Ketua Yayasan Kebudayaan Rancage. Ia dilahirkan pada tanggal 31 Januari 1938 di Jatiwangi, Majalengka, Cirebon, Jawa Barat.
Marga T adalah seorang penulis novel yang sangat terkenal pada era 70-an.Namanya terus disebut oleh banyak orang, dari mulai remaja putri, ibu-ibu, juga kaum lelaki.Novelnya yang melambungkan namanya untuk pertama kali adalah Karmila (1973).
Prof. Dr. Faruk dilahirkan di Banjarmasin pada tanggal 10 Februari 1957.

Artikel

Sore itu di sela-sela derasnya kebudayaan asing yang kian menjamur,  Pulau Penyengat, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau menghidupkan kembali kebudayaannya yang pernah mati suri kurang lebih selama setengah abad, yaitu wayang cecak. Begitulah yang Azmi Mahmud, seorang seniman asli...
PENDAHULUAN Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) merupakan perwujudan  gagasan bernas para ahli bahasa dan pengambil kebijakan bahasa dalam momentum besar Kongres Bahasa Indonesia V Tahun 1988. Amanat kongres tentang diperlukannya bahan ujian bahasa Indonesia yang bersifat nasional menjadi...
Dalam upaya mencegah kepunahan bahasa dan sastra daerah Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa mengadakan program revitalisasi guna menyelamatkan kembali bahasa dan sastra yang hampir punah. Program revitalisasi ini berada di bawah Subbidang Revitalisasi, Bidang Pelindungan, Pusat Pengembangan dan...