Berita Badan Bahasa

05/28/2015 | Kegiatan
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, memberikan kesempatan kepada pekerja WNA di Indonesia untuk Mengikuti UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia)
05/13/2015 | Kegiatan
Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan melakukan kegiatan Gerakan Indonesia Membaca-Menulis (GIMM) Tahun 2015, yang melibatkan siswa, mahasiswa, dan guru. Kegiatan tersebut akan bermuara pada perwujudan generasi literasi yang suka membaca dan pintar menulis.
04/28/2015 | Siaran Pers
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menerbitkan Jurnal Kajian Ilmiah Sastra (Jentera) dan Jurnal Kajian Ilmiah Bahasa (Ranah) Volume 4 Tahun 2015.
04/27/2015 | Kegiatan
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) kedatangan tamu istimewa pada hari Senin, 27 April 2015, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, Ph.D. mengunjungi Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK), di Sentul, Jawa Barat.
04/10/2015 | Kegiatan
Badan Bahasa menyelenggarakan pertemuan ilmiah yang menghadirkan Prof. James Robert Martin, pakar bahasa (Profesor Linguistik) dari Sydney University, Australia.
04/01/2015 | Siaran Pers
Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2015 mengangkat tema mengenai bahasa pada komisi V.

Tokoh Bahasa dan Sastra

Prof. Samsuri, M.A., Ph.D Samsuri dilahirkan pada tanggal 31 Juli 1925 di Mojokerto, Jawa Timur. Samsuri bertempat tinggal di Jalan Serang 3 Malang.
Kuntowijoyo dilahirkan di Bantul, Yogyakarta, pada tanggal 18 September 1943. Ia dibesarkan di Ceper
Nugroho Notosusanto lahir di Rembang, Jawa Tengah, pada tanggal 15 Juli 1930. Ayah Nogroho bernama R.P. Notosusanto yang mempunyai
Wisran Hadi merupakan sastrawan Indonesia asal Sumatra Barat. Wisran Hadi dilahirkan di Lapai, Padang, pada 27 Juli 1945.
Prof. Dr. Anton M. Moeliono lahir di Bandung pada tanggal 21 Februari 1929. Ia adalah anak ketiga dari pasangan R.M. Moeliono Prawirohardjo dan Maria A. Igno.

Artikel

Pendahuluan Kamus merupakan deskripsi kosakata dari suatu bahasa. Kamus menjelaskan apa arti kata dan menunjukkan bagaimana kata itu bekerja sama untuk membentuk kalimat. Informasi yang disajikan dalam kamus itu diperoleh dari dua sumber utama, yaitu introspeksi dan observasi. Introspeksi berarti...
Pendahuluan “Bagaimana menjadikan pendidikan  bahasa (dan sastra) sebagai sesuatu yang penting?” Pertanyaan semacam ini teramat sangat substansial ketika pendidikan bahasa (dan sastra) ingin dihargai.  Bukankah pendidikan bahasa (dan sastra), baik langsung maupun tidak...
Pendahuluan Sastra dalam dirinya sudah mengandung kreativitas, maka istilah sastra kreatif menimbulkan pertanyaan adakah sastra yang tidak kreatif? Jawabannya jelas dengan menegaskan  pumpunan karangan ini: ihwal sastra adalah ihwal kreativitas.  Namun, harus diakui juga bahwa kreativitas...