Berita Bahasa dan Sastra

01/18/2017 | Kegiatan
Sentul, Bogor—Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan Badan Instalasi Strategis Nasional (Bainstranas) melakukan kesepakatan perjanjian kerja sama pengelolaan Kawasan Pusat Perdamaian dan Keamanan Indonesia (Indonesia Peace and Security Center/IPSC).
01/11/2017 | Kegiatan
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 Hijriah dengan mengangkat tema “Rasullullah Muhammad SAW, Teladan Umat Akhir Zaman” di Aula Gedung Samudra, Badan Bahasa, Rawamangun, Jakarta, Rabu, 11 Januari 2017.
12/23/2016 | Seminar dan Lokakarya
Penggunaan bahasa asing dalam berbagai ruang publik kian banyak terjadi. Semestinya dalam kegiatan acara publik, bahasa Indonesia yang harus diutamakan. Untuk mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia dalam kegiatan formal diperlukan peran pemerintah daerah.
12/20/2016 | Kegiatan
Jakarta—Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan Riung Sastra sebagai Parade Sastra Akhir Tahun, Senin (10/12/2016) di Teater Terbuka, Kampus A – UNJ.
12/19/2016 | Kegiatan
Manassa merupakan kependekan dari Masyarakat Pernaskahan Nusantara, organisasi profesi itu didirikan pada tanggal 5 Juli 1996 oleh sejumlah sarjana filologi dan peminat kajian naskah nusantara di Fakultas Ilmu Budaya, saat itu Fakultas Sastra, Universitas Indonesia.
12/19/2016 | Kegiatan
Persoalan yang berhubungan dengan pola pikir dan perilaku berbahasa dan bersastra masyarakat Indonesia yang majemuk menjadi isu utama yang dibicarakan dalam Seminar Bahasa dan Sastra dalam Perspektif Kebinekaan.

Tokoh Bahasa dan Sastra

Danarto dilahirkan pada tanggal 27 Juni 1941 di Sragen, Jawa Tengah. Ayahnya bernama Jakio Harjodinomo, seorang mandor pabrik gula. Ibunya bernama Siti Aminah, pedagang batik kecil-kecilan di pasar.
Nama panggilan Eka Budianta. Nama lengkapnya adalah Christophorus Apolinaris Eka Budianta Martoredjo.
J.E. Tatengkeng atau lengkapnya Jan Engelbert Tatengkeng adalah penyair Pujangga Baru.
Acep Zam Zam Noor, seorang penyair yang lahir di Cipasung, tepatnya di Pondok Pesantren Cipasung
Praptomo Baryadi Isodarus adalah guru besar linguistik di Fakultas Sastra Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Artikel

Ethnologue (2015) mencatat sebanyak 7.102 bahasa dituturkan di seluruh dunia. Sementara itu, di Indonesia tercatat 707 bahasa yang dituturkan sekitar 221 juta penduduk. Itu berarti bahwa kurang lebih sepuluh persen dari jumlah bahasa di dunia ada di Indonesia. Di satu sisi, hal itu menjadi suatu...
Ada yang mengatakan bahwa permasalahan yang sering kita alami dalam memahami teks sastra terkait dengan sikap filosofis sastrawan. Pendapat yang umum telah disepakati adalah permasalahan dalam pemahaman teks sastra ini muncul bukan melalui eksploitasi semantik (atau pragmatik) khusus dalam sastra,...
"Linguistik sastrawi" membincangkan penerapan teori linguistik untuk kajian sastra. Perdebatan mengenai absah atau tidaknya melakukan pengkajian dengan menggunakan parameter linguistik terhadap teks sastra, pernah dijawab para pakar linguistik dalam Konferensi Interdisiplener tentang Gaya...