Berita Bahasa dan Sastra

Peran media massa atau pers dalam pertumbuhan dan perkembangan bahasa Indonesia tidak dapat disangsikan lagi. Ia tumbuh dan berkembang menjadi bahasa Indonesia yang dewasa ini kita gunakan.
Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa mengajak siswa, guru dan masyarakat umum untuk lebih menghidupkan budaya literasi di lingkungan masing-masing. Sebab, tidak ada bangsa yang meju tanpa gemar membaca.
Dalam rangka mewujudkan bahasa sebagai jati diri dan daya saing bangsa, perlu disediakan wadah apresiasi bagi generasi muda agar senantiasa memupuk kemampuan dan dedikasinya dalam berkarya sastra dan mengapresiasi sastra. Untuk itU, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menyelenggarakan Penghargaan Taruna Sastra bagi Generasi Muda (Pelajar Sekolah Menengah).
Dalam rangka mewujudkan bahasa sebagai jati diri dan daya saing bangsa, perlu disediakan wadah apresiasi bagi guru agar senantiasa memupuk kemampuan dan dedikasinya dalam berkarya sastra dan mengapresiasi sastra. Untuk itU, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menyelenggarakan Penghargaan Acarya Sastra bagi Pendidik.
04/17/2017 | Bulan Bahasa dan Sastra
Pusat Pembinaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Seleksi Duta Bahasa DKI Jakarta 2017 di Gedung Samudra, Badan Bahasa, Jakarta, Senin, 17 April 2017.
04/05/2017 | Mabbim
Pada pembukaan seminar, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy menyampaikan harapannya, “Kalau saja kita menciptakan kamus bahasa bersama, saling mengisi dari serapan masing-masing pengguna bahasa ini, saya yakin bahasa ini akan berkembang dan mempunyai posisi yang kuat dalam percaturan internasional atau dalam rangka merawat dan menjaga identitas regional kita,” ujar Mendikbud.

Tokoh Bahasa dan Sastra

Trisno Sumardjo lahir di Tarik, Surabaya, pada tanggal 6 Desember 1916. Ayahnya, Mohamad As’ari, seorang guru bantu.
W.S. Rendra, yang bernama asli Willibrodus Surendra Broto, lahir di Solo pada tanggal 7 November 1935 dari pasangan R. Cyprianus Sugeng Brotoatmodjo dan Raden Ayu Catharina Ismadillah.
Bre, anak ketiga dari empat bersaudara, termasuk orang yang enggan menyebutkan tanggal kelahirannya. Pernah secara terbuka,
Dee, yang bernama lengkap Dewi Lestari, dilahirkan di Bandung, 20 Januari 1976. Ia anak ke- 4 dari 5 bersaudara dari pasangan
Prof. Dr. Paina Partana, M.Hum. adalah seorang Guru Besar Bahasa dan Budaya Jawa Universitas Sebelas Maret. Ia dilahirkan pada tanggal 17 Agustus 1951 di Klaten, Jawa Tengah.

Artikel

  Sriyanto (Peneliti Bahasa) Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa   “Visi saya lima tahun ke depan adalah menjadikan Jakarta semakin maju, aman, adil, dan sejahtera. Untuk dapat mewujudkan itu semua, komitmen saya dan tentunya misi saya adalah, untuk mengatasi semua permasalahan...
Ethnologue (2015) mencatat sebanyak 7.102 bahasa dituturkan di seluruh dunia. Sementara itu, di Indonesia tercatat 707 bahasa yang dituturkan sekitar 221 juta penduduk. Itu berarti bahwa kurang lebih sepuluh persen dari jumlah bahasa di dunia ada di Indonesia. Di satu sisi, hal itu menjadi suatu...
Ada yang mengatakan bahwa permasalahan yang sering kita alami dalam memahami teks sastra terkait dengan sikap filosofis sastrawan. Pendapat yang umum telah disepakati adalah permasalahan dalam pemahaman teks sastra ini muncul bukan melalui eksploitasi semantik (atau pragmatik) khusus dalam sastra,...