Berita Bahasa dan Sastra

05/23/2017 | Kegiatan
Pendidikan Nasional saat ini memperkenalkan dan memasyarakatkan orientasi ”baru” yang disebut dengan keterampilan hidup (life skill) yang di dalamnya terdapat kompetensi berkomunikasi. Di sinilah bahasa Indonesia memegang peranan sangat penting. Penguasaan bahasa Indonesia yang baik khususnya tenaga pendidik sangat diperlukan. Untuk mencapai tujuan tersebut, Balai Bahasa Sumatera Utara menggelar kegiatan bertajuk Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik Bahasa Indonesia.
05/18/2017 | Kegiatan
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) bersama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) baru saja menyelesaikan Lokakarya Gerakan Literasi Nasional, yang melibatkan pakar, akademisi, dan pegiat literasi. Lokakarya yang dilaksanakan selama empat hari tersebut menghasilkan naskah buku yang akan menjadi rujukan dan panduan bagi sekolah dan seluruh pemangku kepentingan dalam mengimplementasikan Gerakan Literasi Nasional (GLN).
Berdasarkan penilaian dari Tim Kurator, peserta yang lolos seleksi adalah sebagai berikut (daftar peserta terlampir). Untuk itu, kami mengucapkan selamat kepada peserta yang lolos seleksi.
05/17/2017 | Siaran Pers
Penetapan Buku Terpilih dalam Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Literasi yang diselenggarakan oleh Pusat Pembinaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka Gerakan Literasi Nasional 2017 telah dilakukan oleh Dewan Juri.
05/09/2017 | Siaran Pers
Batas waktu pengiriman naskah Penghargaan Acarya Sastra bagi Pendidik dan Taruna Sastra bagi Generasi Muda yang awalnya pada tanggal 10 Mei 2017 diperpanjang sampai tanggal 30 Juni 2017 cap pos.
05/08/2017 | Kegiatan
Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 mengamanatkan bahwa bahasa Indonesia wajib digunakan dalam pelayanan administrasi publik dan komunikasi resmi di lingkungan kerja pemerintah dan swasta.

Tokoh Bahasa dan Sastra

Danarto dilahirkan pada tanggal 27 Juni 1941 di Sragen, Jawa Tengah. Ayahnya bernama Jakio Harjodinomo, seorang mandor pabrik gula. Ibunya bernama Siti Aminah, pedagang batik kecil-kecilan di pasar.
Hasan Alwi adalah mantan Kepala Pusat Bahasa, Jakarta. Ia dilahirkan di Talaga, Cirebon, Jawa Barat,
Trisno Sumardjo lahir di Tarik, Surabaya, pada tanggal 6 Desember 1916. Ayahnya, Mohamad As’ari, seorang guru bantu.
Mira W adalah novelis terkenal yang dibanggakan oleh Indonesia karena dari tangannya sudah lahir puluhan tulisan yang berupa novel, novelette, dan cerita pendek yang disukai oleh masyarakat.
Prof. Dr. I Dewa Putu Wijana, S.U., M.A.adalah seorang Guru Besar Bahasa Indonesia Universitas Gadjah Mada. Ia dilahirkan pada tanggal 16 Agustus 1956 di Singaraja, Bali.

Artikel

  Sriyanto (Peneliti Bahasa) Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa   “Visi saya lima tahun ke depan adalah menjadikan Jakarta semakin maju, aman, adil, dan sejahtera. Untuk dapat mewujudkan itu semua, komitmen saya dan tentunya misi saya adalah, untuk mengatasi semua permasalahan...
Ethnologue (2015) mencatat sebanyak 7.102 bahasa dituturkan di seluruh dunia. Sementara itu, di Indonesia tercatat 707 bahasa yang dituturkan sekitar 221 juta penduduk. Itu berarti bahwa kurang lebih sepuluh persen dari jumlah bahasa di dunia ada di Indonesia. Di satu sisi, hal itu menjadi suatu...
Ada yang mengatakan bahwa permasalahan yang sering kita alami dalam memahami teks sastra terkait dengan sikap filosofis sastrawan. Pendapat yang umum telah disepakati adalah permasalahan dalam pemahaman teks sastra ini muncul bukan melalui eksploitasi semantik (atau pragmatik) khusus dalam sastra,...