Berita Bahasa dan Sastra

01/11/2017 | Kegiatan
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 Hijriah dengan mengangkat tema “Rasullullah Muhammad SAW, Teladan Umat Akhir Zaman” di Aula Gedung Samudra, Badan Bahasa, Rawamangun, Jakarta, Rabu, 11 Januari 2017.
12/23/2016 | Seminar dan Lokakarya
Penggunaan bahasa asing dalam berbagai ruang publik kian banyak terjadi. Semestinya dalam kegiatan acara publik, bahasa Indonesia yang harus diutamakan. Untuk mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia dalam kegiatan formal diperlukan peran pemerintah daerah.
12/20/2016 | Kegiatan
Jakarta—Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan Riung Sastra sebagai Parade Sastra Akhir Tahun, Senin (10/12/2016) di Teater Terbuka, Kampus A – UNJ.
12/19/2016 | Kegiatan
Manassa merupakan kependekan dari Masyarakat Pernaskahan Nusantara, organisasi profesi itu didirikan pada tanggal 5 Juli 1996 oleh sejumlah sarjana filologi dan peminat kajian naskah nusantara di Fakultas Ilmu Budaya, saat itu Fakultas Sastra, Universitas Indonesia.
12/19/2016 | Kegiatan
Persoalan yang berhubungan dengan pola pikir dan perilaku berbahasa dan bersastra masyarakat Indonesia yang majemuk menjadi isu utama yang dibicarakan dalam Seminar Bahasa dan Sastra dalam Perspektif Kebinekaan.
12/17/2016 | Kegiatan
Himpunan Penerjemah Indonesia atau disingkat HPI menyelenggarakan kongres ke-12 yang mengangkat tema “Lebih Andal, Lebih Profesional, dan Lebih Berdaya Saing” di Gedung Samudra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Sabtu, 17 Desember 2016.

Tokoh Bahasa dan Sastra

Prof. Dr. Hermina Sutami adalah guru besar bahasa Mandarin di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia. Ia dilahirkan di Palembang tanggal 15 Februari 1957. Pendidikan SD – SMA diselesaikannya di Jakarta. Setelah lulus SMA, ia melanjutkan kuliah di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia (1975).
Arswendo Atmowiloto mempunyai nama asli Sarwendo. Nama itu diubahnya menjadi Arswendo karena dianggapnya kurang komersial dan terkenal.
Hamka adalah seorang sastrawan Indonesia. Selain sebagai sastrawan, ia juga dikenal sebagai ulama, ahli filsafat, dan aktivis politik.
Dr. Katharina Endriati Sukamto adalah doktor linguistik di Universitas Atmajaya, Jakarta. Ia dilahirkan di Semarang pada tanggal tanggal 16 Mei 1953.
Putu Wijaya yang kita kenal sebagai sastrawan mempunyai nama yang cukup panjang, yaitu

Artikel

Ethnologue (2015) mencatat sebanyak 7.102 bahasa dituturkan di seluruh dunia. Sementara itu, di Indonesia tercatat 707 bahasa yang dituturkan sekitar 221 juta penduduk. Itu berarti bahwa kurang lebih sepuluh persen dari jumlah bahasa di dunia ada di Indonesia. Di satu sisi, hal itu menjadi suatu...
Ada yang mengatakan bahwa permasalahan yang sering kita alami dalam memahami teks sastra terkait dengan sikap filosofis sastrawan. Pendapat yang umum telah disepakati adalah permasalahan dalam pemahaman teks sastra ini muncul bukan melalui eksploitasi semantik (atau pragmatik) khusus dalam sastra,...
"Linguistik sastrawi" membincangkan penerapan teori linguistik untuk kajian sastra. Perdebatan mengenai absah atau tidaknya melakukan pengkajian dengan menggunakan parameter linguistik terhadap teks sastra, pernah dijawab para pakar linguistik dalam Konferensi Interdisiplener tentang Gaya...