Berita Bahasa dan Sastra

08/18/2017 | Bulan Bahasa dan Sastra
Finalis Duta Bahasa 2017 yang berjumlah 68 orang beraudiensi dengan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Prof. Dr. Sri Adiningsih, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Prof. Dr. Malik Fadjar, dan Deputi Bidang Advokasi Unit Kerja Presiden Pemantapan Ideologi Pancasila (UKP-PIP), Prof. Dr. Hariyono di Kantor Wantimpres, Jakarta, Jumat, 18 Agustus 2017.
08/17/2017 | Kegiatan
Presiden Jokowi meresmikan Simpang Susun Semanggi bertepatan dengan HUT ke-72 RI di depan Plaza Semanggi, Jakarta, Kamis malam, 17 Agustus 2017.
08/16/2017 | Kegiatan
Anak yang gemar membaca akan memiliki kemampuan untuk melihat sebuah sebuah peristiwa dengan beragam perfektif. Imajinasi yang didapatkan melalui membaca buku atau mendengarkan cerita akan membantu berpikir anak menjadi lebih kreatif dan inovatif. Semakin dini anak dikenalkan dengan buku dan dibacakan cerita semakin baik bagi anak dalam meningkatkan kemampuan keaksaraannya.
08/15/2017 | Kegiatan
Pusat Pengembangan Strtegi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK), Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa melaksanakan Lomba Debat Bahasa Indonesia bagi Pemenang Lomba Pidato dan Bercerita di Jakarta, 15 Agustus 2017 dalam rangkaian kegiatan Apresiasi bagi Pemenang Lomba Pidato dan Bercerita dalam Bahasa Indonesia yang dilaksanakan di Jakarta dan Bali 14--21 Agustus 2017.
08/15/2017 | Bulan Bahasa dan Sastra
Kepala Badan Bahasa, Dadang Sunendar membuka Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional tahun 2017 yang mengangkat tema “Bahasa Negara Kuat, Generasi Pancasila Hebat untuk Bersaing Secara Global” di Hotel Santika TMII, Jakarta, Selasa, 15 Agustus 2017.
08/10/2017 | Bulan Bahasa dan Sastra
Dalam rangka Bulan Bahasa dan Sastra 2017, Pusat Pembinaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyelenggarakan Debat Bahasa Antarmahasiswa Se-Jabodetabek pada tanggal 17—19 Oktober 2017 di kantor Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Rawamangun, Jakarta. Tema yang diangkat dalam debat tersebut adalah “Bahasa Indonesia sebagai Perekat Kebinekaan”.

Tokoh Bahasa dan Sastra

W.S. Rendra, yang bernama asli Willibrodus Surendra Broto, lahir di Solo pada tanggal 7 November 1935 dari pasangan R. Cyprianus Sugeng Brotoatmodjo dan Raden Ayu Catharina Ismadillah.
Sutardji Calzoum Bachri dilahirkan pada tanggal 24 Juni 1943 di Rengat, Indragiri Hulu, Riau. Setelah lulus SMA
Nugroho Notosusanto lahir di Rembang, Jawa Tengah, pada tanggal 15 Juli 1930. Ayah Nogroho bernama R.P. Notosusanto yang mempunyai
Sabarti Akhadiah adalah guru besar pada Universitas Negeri Jakarta. Ia dilahirkan di Jakarta pada tanggal 23 Mei 1937.
Yanusa Nugroho lahir di Surabaya tanggal 2 Januari 1960. Sejak kecil ia gemar membaca, terutama cerita wayang.

Artikel

Sore itu di sela-sela derasnya kebudayaan asing yang kian menjamur,  Pulau Penyengat, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau menghidupkan kembali kebudayaannya yang pernah mati suri kurang lebih selama setengah abad, yaitu wayang cecak. Begitulah yang Azmi Mahmud, seorang seniman asli...
PENDAHULUAN Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) merupakan perwujudan  gagasan bernas para ahli bahasa dan pengambil kebijakan bahasa dalam momentum besar Kongres Bahasa Indonesia V Tahun 1988. Amanat kongres tentang diperlukannya bahan ujian bahasa Indonesia yang bersifat nasional menjadi...
Dalam upaya mencegah kepunahan bahasa dan sastra daerah Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa mengadakan program revitalisasi guna menyelamatkan kembali bahasa dan sastra yang hampir punah. Program revitalisasi ini berada di bawah Subbidang Revitalisasi, Bidang Pelindungan, Pusat Pengembangan dan...