Berita Bahasa dan Sastra

MEDAN – Sebagai bahasa yang berkembang, bahasa Indonesia telah dan akan terus mengalami perubahan sejalan dengan masyarakat pemakainya. Di samping itu, luasnya wilayah pemakaian bahasa Indonesia, kemajuan teknologi informasi membuat penyebaran bahasa asing tidak terelakan lagi dan tercampur dengan bahasa Indonesia
10/17/2017 | Kegiatan
Berikut ini kami lampirkan daftar peserta yang terpilih untuk mengikuti acara Simposium dan Forum Naskah Teater pada tanggal 20 dan 21 Oktober 2017.
10/17/2017 | Bulan Bahasa dan Sastra
Dalam rangka menyemarakkan Bulan Bahasa, Pusat Pembinaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan Final “Debat Bahasa Antarmahasiswa Se-Jabodetabek Tahun 2017” di Aula Gedung Samudra Badan Bahasa, Rawamangun, Jakarta, Selasa, 17 Oktober 2017.
10/12/2017 | Kegiatan
PEKANBARU-Sebagai syarat kemampuan dalam berkerja, Tenaga Kerja Asing (TKA) memerlukan edukasi berbahasa Indonesia. Untuk itu Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru sangat mendukung program Bahasa Indonesia bagi Penutur sing (BIPA) agar tenaga asing bisa menjalankan aktivitas dan juga mampu berinteraksi dengan pekerja lokal lainnya.
10/11/2017 | Bulan Bahasa dan Sastra
Badan Bahasa terus berupaya memberikan ruang apresiasi terhadap perkembangan dunia sastra, salah satunya dengan mengadakan bedah buku sastra, yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra 2017.
10/09/2017 | Kegiatan
Gubernur Sumatra Utara, Tengku Erry Nuradi, menyatakan sebagai warga negara Indonesia yang cinta dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), apapun etnis dan sukunya, kita harus memiliki sikap bangga berbahasa Indonesia.

Tokoh Bahasa dan Sastra

Asrul Sani lahir di Rao, suatu daerah di sebelah utara Sumatera Barat, pada tanggal 10 Juni 1926.
Gus tf Sakai mungkin adalah sastrawan Indonesia yang “rewel” dan “sulit” apabila ditanya biografinya.
Saini K. M. dilahirkan di Sumedang pada tangga 16 Juni 1938. Ia menyelesaikan pendidikan di Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris IKIP Bandung.
Arswendo Atmowiloto mempunyai nama asli Sarwendo. Nama itu diubahnya menjadi Arswendo karena dianggapnya kurang komersial dan terkenal.
Wisran Hadi merupakan sastrawan Indonesia asal Sumatra Barat. Wisran Hadi dilahirkan di Lapai, Padang, pada 27 Juli 1945.

Artikel

Kongres Bahasa Indonesia (KBI) XI pada tahun 2018 perlu menegaskan bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa pembentuk hati dan pikiran keindonesiaan, termasuk dalam bentuk kesusastraannya. Kehendak akan bersatu (le desir d’etre ensemble dalam ungkapan Ernest Renan) sebagai syarat adanya bangsa...
Rumusan Pancasila dalam Piagam Jakarta sudah menghapus tujuh kata yang berkonotasi agama. Wajah negara ini bukan apa agamanya, melainkan apa bahasanya. Negara-bangsa Indonesia lahir melalui proses bahasa. Bolehlah proses itu disebut jalan sesar. Bahasa Indonesia dipaksa lahir dari induk bahasa...
“Manusia adalah tuan dari segalanya berarti ia adalah tuan dari dunia dan kodratnya sendiri; bahwa manusia  menentukan segalanya berarti ia memainkan peran menentukan  dalam mengubah dunia dan membentuk kodratnya” (JJP, hlm. 21) Buku ‘Jejak Mata Pyongyang’  ...