Badan Bahasa Melakukan Sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) di Dinas Pendidikan Kota Manado


05/16/2012 |

Badan Bahasa Melakukan Sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) di Dinas Pendidikan Kota Manado

Manado— Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melakukan Sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) untuk guru Bahasa Indonesia SMP dan SMA/SMK di Manado, Sulawesi Utara, pada tanggal 14 Mei 2012. Sosialisasi  yang berlangsung di Dinas Pendidikan Kota Manado dihadiri oleh enam puluh orang guru. Aacara sosialisasi dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Manado, Drs. Dante Tombeg, M.Pd.

Dalam sambutannya, Dante Tombeg mengatakan bahwa guru Bahasa Indonesia merupakan ujung tombak pendidikan dalam  berkomunikasi. Oleh karena itu, peran guru Bahasa Indonesia sangat vital. UKBI diharapkan mampu meningkatkan kemampuan dan kompetensi para guru agar mereka dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar serta tepat sasaran. Tombeg juga mengatakan bahwa strategi pembelajaran harus diubah untuk meningkatkan nasionalisme karena orang Indonesia sangat egois pada bahasa daerahnya sehingga sering menggunakan bahasa campuran, bahasa Indonesia dicampur dengan bahasa daerah, dalam berkomunikasi. 
 
Sementara itu, Kepala Balai Bahasa Manado, Ratun Untoro, menjelaskan bahwa UKBI merupakan salah satu kegiatan unggulan Badan Bahasa beserta seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT)-nya yang tersebar di tiga puluh provinsi. UKBI bertujuan agar guru Bahasa Indonesia menjadi teladan dalam berkomunikasi pada kegiatan belajar-mengajar dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
 
Sosialisasi ini mendapat sambutan yang sangat baik dari para peserta. Salah seorang peserta, guru SMP Negeri I Manado, yang masih yunior, Mastia Pakoko, menyatakan bahwa pengetahuan mengenai UKBI dan tes UKBI merupakan sesuatu yang baru baginya. Oleh karena itu, ia sangat berharap dengan mengikuti sosialisasi UKBI dan tes UKBI ini para guru dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia mereka dengan baik dan benar. Ia juga berharap agar kegiatan ini sering dilakukan.
 
Di samping itu, seorang guru senior yang mengajar di SMK Advent Kelabat Manado, Tani,  menyatakan bahwa tes UKBI sangat bermanfaat dan berharap tes itu dapat dilakukan secara berkala. (es/mla)