Musyawarah Sekretariat ke-22 Majelis Bahasa Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia (Mabbim)


08/23/2016 |

Musyawarah Sekretariat ke-22 Mabbim

Jakarta--Musyawarah Sekretariat ke-22 Majelis Bahasa Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia (Mabbim) dilaksanakan pada tanggal 22—25 Agustus 2016 di Hotel Millenium Jakarta. Pada musyawarah kali ini, para utusan dari tiga negara membahas, menyimak, dan menindaklanjuti putusan Sidang Eksekutif Mabbim pada April 2016 yang lampau serta usul-usul yang berkaitan dengan kegiatan Mabbim.

Dr. Dora Amalia, Sekretaris Mabbim Indonesia, mengungkapkan bahwa ada beberapa kelompok yang akan berdiskusi pada Musyawarah Sekretariat ke-22 Mabbim ini. Diantaranya adalah Kelompok Komunike, Kelompok Sekretariat, Komisi Peristilahan, Komisi Penerbitan, dan Komisi Penelitian. “Kelompok Komunike menghadirkan ketua Mabbim dari Malaysia, Brunei, dan Indonesia. Mereka akan membicarakan secara khusus tentang Komunike Bersama Mabbim yang sudah ditandatangani oleh tiga menteri pada tahun 2006 lalu di Jakarta,” kata Dora pada sambutan pembukaan acara itu.

Sekretaris Mabbim Brunei Darussalam, Puan Hajah Sariani binti Haji Ishak, mengungkapkan bahwa kehadiran anggota Mabbim Brunei pada kegiatan tersebut adalah untuk berdiskusi dan mencapai kesepakatan. Sariani mengatakan, “Adapun keberadaan kami di sini untuk membawa kekhasan yang sama-sama akan dituangkan dalam pertemuan ini dan sama-sama mencari solusi dari permasalahan yang ada demi mencapai kesepakatan serumpun yang tidak lain untuk memartabatkan bahasa yang kita warisi dan kita cintai ini.”

Pada kesempatan yang lain, Sekretaris Mabbim Malaysia, Tuan Haji Md. Johari bin Hasan mengatakan bahwa Musyawarah Sekretariat Mabbim di Jakarta ini dimaksudkan untuk menindaklanjuti hasil Sidang Eksekutif Mabbim dan juga Sidang Pakar Mabbim. “Maka, dalam musyawarah ini, kita akan membicarakan hasil Sidang Eksekutif di bulan April 2016 lalu dan juga merencanakan Sidang Eksekutif mendatang di Indonesia,” jelas Johari di hadapan para peserta utusan. (ine/tgh/nav)