Pembaruan Metode Pembekalan Tenaga Pengajar BIPA untuk Luar Negeri


01/26/2017 | Kegiatan

Pembekalan Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Nasional

Bogor, PPSDK—Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK), Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menyelenggarakan kegiatan Pembekalan Tenaga Pengajar BIPA untuk Luar Negeri Masa Tugas Tahun 2017 (Angkatan V), 25 Januari—3 Februari 2017, di Pusdiklat Badan Nasional Penanggulangan Bencana Gedung INA DRTG Kawasan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan pembekalan ini berbeda dari pelaksanaan kegiatan pembekalan BIPA sebelumnya. Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK) memutuskan untuk menggunakan fasilitas gedung Pusat Pendidikan dan Pelatihan (pusdiklat) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan. Tujuannya untuk mempererat kerja sama antar instansi atau antar satuan kerja di kawasan Pusat Perdamaian dan Keamanan Indonesia. Selain itu, pada pembeda kali ini ada tambahan materi tentang wawasan kebangsaan dan ketahanan nasional dari Badan Instalasi Strategis Nasional (Bainstranas), Kementerian Pertahanan.

Pembaruan penyelenggaraan kegiatan Pembekalan Tenaga Pengajar BIPA untuk Luar Negeri Masa Tugas Tahun 2017 (Angkatan V) ini dilakukan untuk memberikan semangat baru bagi para peserta. Peserta tidak lagi sekadar sebagai pengajar BIPA, melainkan juga sebagai pelaksana program atau pelaku aksi diplomasi kebahasaan di luar negeri. (pad/tur/td/aqm)