Badan Bahasa Menyelenggarakan Raker Penyusunan Bahan Kebijakan


03/08/2017 | Kegiatan

Badan Bahasa Menyelenggarakan Raker Penyusunan Bahan Kebijakan

Bandung, Jawa Barat — Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar kegiatan Rapat Kerja dalam Rangka Penyusunan Bahan Kebijakan Kebahasaan dan Kesastraan, Rabu, 8 Maret 2017, di Hotel Grand Royal Panghegar, Bandung, Jawa Barat.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum., selaku Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Dalam arahannya, Kepala Badan Bahasa menerangkan tentang kerangka kerja yang akan dilaksanakan oleh Badan Bahasa untuk tiga tahun ke depan sesuai Rencana Strategis Badan Bahasa Tahun 2015—2019. Untuk tahun 2017, tertuju pada peta jalan pengembangan Badan Bahasa yang berkaitan dengan penguatan tata kelola kelembagaan yang efektif dan efisien, peningkatan sumber daya manusia, optimalisasi penggunaan bahasa Indonesia di luar ruang publik, penjenamaan (rebranding) Badan Bahasa, dan gerakan nasional literasi. Untuk tahun 2018, tertuju pada optimalisasi peran Balai dan Kantor Bahasa, revitalisasi Balai dan Kantor Bahasa, rancangan integrasi Perbukuan ke Badan Bahasa, penyediaan sarana dan prasarana yang memenuhi standar, dan pengembangan program diplomasi kebahasaan. Kemudian untuk tahun 2019, diharapkan mendapatkan hasil yang maksimal dari sembilan program prioritas Badan Bahasa, meningkatkan status Kantor Bahasa menjadi Balai Bahasa, internasionalisasi bahasa Indonesia, membuat standar ukur kompetensi akademis untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing internasional.

Kegiatan yang direncanakan berlangsung selama empat hari, 8—11 Maret 2017 tersebut, dihadiri oleh 84 orang peserta, yang terdiri dari Pejabat Eselon 1, 2, 3, Kepala Balai dan Kantor Bahasa di seluruh Indonesia, serta beberapa staf di lingkungan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (nav/sunan)