Badan Bahasa Gelar Pelatihan Pengayaan Bahan Koleksi Laboratorium Kebinekaan Bahasa dan Sastra


03/17/2017 | Kegiatan

Badan Bahasa Gelar Pelatihan Pengayaan Bahan Koleksi Laboratorium Kebinekaan Bahasa dan Sastra

Bogor, PPSDK—Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK), Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pengayaan Bahan Koleksi Laboratorium Kebinekaan Bahasa dan Sastra pada 13—17 Maret 2017 di Gedung Arjuna, PPSDK, Sentul, Bogor.

Laboratorium Kebinekaan Bahasa dan Sastra merupakan salah satu fasilitas Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yang dibangun sejak tahun 2015. Laboratorium Kebinekaan dibangun sebagai pusat pembelajaran, sekaligus sebagai media sosialisasi keberagamaan bahasa dan sastra Indonesia.

Saat ini, Laboratorium Kebinekaan Bahasa dan Sastra belum dibuka untuk umum, karena masih dalam proses pengayaan konten aplikasi “Laboratorium Kebinekaan”. Untuk itu, PPSDK menyelenggarakan Pelatihan Pengayaan Bahan Koleksi Laboratorium Kebinekaan Bahasa dan Sastra yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar kepada petugas pengumpul dan pengolah bahan koleksi Laboratorium Kebinekaan.

Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan Pelatihan Pengayaan Bahan Koleksi Laboratorium Kebinekaan Bahasa dan Sastra adalah Prof. Multamia R.M.T. Lauder (Universitas Indonesia), Buha Aritonang, M.M. (Badan Bahasa), Wati Kurniawati, M.Hum. (Badan Bahasa), Mukhamdanah, M.Hum. (Badan Bahasa), Ir. Ferry Feirizal (Politeknik Negeri Bandung), Dadan Sutisna (Yayasan Kebudayaan Rancage), Ilham Nasbir Saini (Denaya Pictures).

Prof. Multamia R.M.T. Lauder memberikan materi tentang serba-serbi pemetaan bahasa di Indonesia, pengenalan dan cara pengidentifikasian huruf fonetik. Buha Aritonang, M.M. memberikan materi tentang pengenalan konsep pemetaan bahasa di Indonesia termasuk cara pencarian, pengambilan, dan pengentrian data. Wati Kurniawati, M.Hum. memberikan materi tentang persiapan pengumpulan data, cara mengidentifikasi kriteria Informan, dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengambilan data lapangan. Mukhamdanah, M.Hum. memberikan materi tentang cara penyusunan tabulasi data. Ir. Ferry Feirizal memberikan materi tentang teknik dan praktik pengambilan video, teknik dan praktik penyuntingan video dan audio, dan teknik dan praktik penulisan naskah sulih bahasa. Dadan Sutisna memberikan materi tentang pengenalan aplikasi laboratorium kebinekaan bahasa, mekanisme kerja aplikasi laboratorium, mekanisme pengayaan laboratorium kebinekaan bahasa, dan mekanisme pemeliharaan aplikasi laboratorium kebinekaan bahasa. Ilham Nasbir Saini memberikan materi tentang data bahasa berbasis teknologi informasi, penggunaan teknologi informasi untuk dokumentasi bahasa, dan aplikasi pendukung laboratorium.

Pelatihan Pengayaan Bahan Koleksi Laboratorium Kebinekaan Bahasa dan Sastra diikuti oleh 24 orang peserta, yaitu 20 orang dari PPSDK dan empat orang dari Pusat Pengembangan dan Pelindungan. Empat orang dari 20 peserta PPSDK akan dikirim untuk membantu Tim Pemetaan Bahasa Pusat Pengembangan dan Pelindungan membuat dokumentasi pelaksanaan kegiatan Pemetaan Bahasa di Papua. Dokumentasi ini akan diolah sebagai bukti pelaksanaan kegiatan Pemetaan Bahasa, sekaligus bahan pengayaan koleksi Laboratorium Kebinekaan. (pad)