Rayakan Hari Jadi, Wali Kota Tasikmalaya Umumkan Pemenang Lomba Pemartabatan Bahasa


10/17/2017 | Kegiatan

Rayakan Hari Jadi, Wali Kota Tasikmalaya Umumkan Pemenang Lomba Pemartabatan Bahasa

Tasikmalaya, Balai Bahasa—Dirgahayu Kota Tasikmalaya tahun ini menjadi momentum penting untuk memantapkan dan mengokohkan semangat seluruh elemen masyarakat dalam membangun Kota Tasikmalaya yang semakin maju dan sejahtera, termasuk upaya untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap bahasa Indonesia.

“Peringatan hari jadi pada hakekatnya sebagai ungkapan rasa syukur kita selaku warga Kota Tasikmalaya sekaligus momentum penting bagi kita bersama untuk melakukan perenungan dan introspeksi terhadap pelaksanaan agenda pembangunan Kota Tasikmalaya, serta hendaknya menjadi kesempatan untuk mengevaluasi diri atas tugas dan kewajiban yang telah dilaksanakan, apakah kita telah memberikan andil dan manfaat bagi Kota Tasikmalaya,” ujar Wali Kota Tasikmalaya, Drs. H. Budi Budiman saat memberikan sambutannya, Selasa, 17 Oktober 2017.

Ajakan Wali Kota Tasikmalaya kepada masyarakat ini senada dengan tujuan diadakannya Lomba Pemartabatan Bahasa yaitu agar pelaku usaha dapat mengevaluasi kembali peran sertanya terhadap masyarakat Kota Tasikmalaya khususnya dalam pengutamaan bahasa Indonesia di ruang publik seperti pada merek dagang, brosur, papan petunjuk, dan fasilitas layanan. Hal ini perlu dilakukan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap bahasa Indonesia dan mendapatkan kawasan tertib berbahasa sebagai contoh kawasan untuk pembelajaran bahasa. Seperti contohnya Harmoni Hotel yang bersedia mengubah namanya menjadi Hotel Harmoni.

Hotel Harmoni, Restoran Angsana, dan Teejay Water Park menjadi pemenang Lomba Pemartabatan Bahasa di ruang publik yang mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia. Masing-masing mewakili dari ranah hotel, restoran, dan tempat wisata. Para pemenang lomba mendapat trofi dan prasasti dari Wali Kota Tasikmalaya, serta uang pembinaan. Lomba ini merupakan kerja sama Balai Bahasa Jawa Barat dan Pemerintah Kota Tasikmalaya.

Kepala Balai Jawa Barat, Drs. Sutejo mengungkapkan harapannya agar melalui lomba ini para pelaku usaha di Kota Tasikmalaya tergugah kepeduliannya untuk lebih mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik. “Tidak ada syarat khusus untuk mengikuti perlombaan ini. Ketiga ranah yaitu hotel, tempat wisata, dan restoran telah kami nilai. Yang paling mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia pada ruang usaha itulah pemenangnya,” jelas Sutejo.

Pada kesempatan yang sama, Endang Herdiana perwakilan dari Hotel Harmoni mengungkapkan kegembiraannya, ”Saya tidak menyangka akan menang. Kami hanya mengikuti anjuran dan instruksi dari pemerintah kota. Satu bulan lalu kami mulai melakukan perubahan dalam penggunaan bahasa Indonesia di hotel setelah ada imbauan dari pemerintah kota. Kami ubah nama hotel, nama ruang ballroom menjadi ruang pertemuan, papan petunjuk dan lainnya. Saya harap kegiatan ini berlangsung di seluruh Indonesia agar terdapat keseragaman penggunaan bahasa Indonesia,” ujar Endang. (iw/an).