Gelaran Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Maluku 2018

Ajang tahunan pemilihan duta bahasa yang diselenggarakan di lingkungan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa berlangsung di Jakarta dan 30 unit pelaksana teknis yang terdapat di 30 provinsi se-Indonesia. Kantor Bahasa Provinsi Maluku menyelenggarakan kegiatan itu pada bulan Juli dan berpuncak pada 1 Agustus 2018. Berdasarkan keterangan Ketua Panitia, Linda M. Heumasse, pada tahun 2018 terdaftar 108 orang peserta yang mengikuti ajang kontes kecakapan kebahasaan ini. Para peserta itu mayoritas adalah mahasiswa yang berasal perguruan tinggi di Ambon. Peserta lainnya adalah dua orang siswa SMA dari Ambon dan seorang pemuda dari Pulau Banda.

Melalui penyeleksian berkas, panitia berhasil menyaring 74 orang peserta. Kemudian, peserta yang tersaring itu mengikuti penyeleksian Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI); peserta dituntut untuk mampu mencapai skor madya. Dari tes UKBI ini terpilih 30 orang, 15 orang pasang, untuk mengikuti pembekalan kecakapan berbahasa dan kepribadian yang diadakan di Gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Maluku pada 30 Juli sampai dengan 1 Agustus 2018.

Selama mengikuti pembekalan, calon duta bahasa mendapat berbagai pengetahuan praktis dari pemimpin dan tenaga peneliti Kantor Bahasa Provinsi Maluku, sastrawan, dan pemenang duta bahasa tahun 2017. Wawasan dan pemahaman kebahasaan mereka diasah dan diperkuat selama masa pembekalan itu. Mereka pun berlatih koreografi panggung yang diarahkan oleh Leonard J. Sipahelut. Proses penilaian oleh dewan juri sudah berjalan sejak masa pembekalaan ini. Muara dari rangkaian acara ini adalah ajang final pemilihan duta bahasa yang acaranya digelar pada 1 Agustus 2018 di Swiss-Belhotel Ambon.

Pada malam final Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Maluku 2018, seluruh kontestan diwajibkan mengenakan pakaian adat Maluku. Mereka melakukan gelar penampilan di hadapan dewan juri yang terdiri atas Olivia Latuconsina (Forum Pemberdayaan Perempuan), Asrif (Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku, dan Monica Seipalla (pemenang pertama Duta Bahasa Provinsi Maluku 2015). Akhirnya, dewan juri memutuskan Feky Pesurnay sebagai pemenang putra dan Nelcie V. Mussa sebagai pemenang putri sebagai pasangan Duta Bahasa Provinsi Maluku 2018. Pemenang akan memperoleh piagam peserta dan piagam pemenang, piala, uang tunai, serta kesempatan mengikuti ajang pemilihan duta bahasa tingkat nasional yang akan diadakan di Jakarta pada pertengahan Agustus 2018.

Selengkapnya, hasil pemilihan Duta Bahasa Maluku 2018 adalah sebagai berikut.

Duta Bahasa Maluku                : Feky Pesurnay dan Nelcie V. Mussa

Juara II Duta Bahasa Maluku   : Hancrevion E. G. Sinsu dan Shavira Latumahina

Juara III Duta Bahasa Maluku  : Abdul Rilan Syarif dan Febryana Tangkilisan

Juara Favorit                            : Burhanudin Rumbora dan Cindy Loppies

(td/mnf)

 

Artikel Terpopuler