Lomba Wajah Bahasa Sumatra Utara

Binjai – Untuk mewujudkan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan, Balai Bahasa Sumatra Utara menggelar Lomba Wajah Bahasa Sumatra Utara 2018. Hal ini sejalan juga dengan amanat dari Perda No. 8 Tahun 2017 tentang Pengutamaan Bahasa Indonesia dan Pelindungan Bahasa Daerah dan Sastra Daerah di Wilayah Provinsi Sumatera Utara.

“Wajah bahasa merupakan gambaran atas sikap positif terhadap penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara di ruang publik,” ungkap Kepala Balai Bahasa, Dr. Fairul Zabadi, pada saat melakukan sosialisasi Lomba Wajah Bahasa pada berbagai lembaga pendidikan di Kota Binjai, . “Diperlukan sikap positif dan  sikap tertib berbahasa agar penggunaan bahasa di ruang publik sesuai dengan ketentuan hukum dan kaidah kebahasaan,” tandasnya pula.

Pada kesempatan itu Fairul menambahkan bahwa lomba wajah bahasa bertujuan untuk melihat ketertiban penggunaan bahasa pada lembaga guna memberikan penghargaan bagi lembaga dengan wajah bahasa terbaik. Untuk wajah bahasa pada lembaga yang belum baik   Balai Bahasa akan melakukan pemantauan dan pengendalian secara maksimal.

Dalam waktu bersamaan, Koordinator Lomba Wajah Bahasa Sumatra Utara, Sahril, S.S. mengatakan, selain untuk menerapkan Perda No. 8 Tahun 2017, kegiatan ini juga dalam rangka menyambut peringatan Bulan Bahasa 2018. “Untuk tahun ini, Lomba Wajah Bahasa Sumatra Utara difokuskan pada  wilayah Kota Medan. Objeknya adalah  pengutamaan bahasa negara di ruang publik. Pesertanya mencakupi lembaga pendidikan, badan publik, dan badan usaha.

Penilaian objek pengutamaan bahasa negara itu, menurut   Sahril, terbagi atas tujuh kategori, yakni 1) tulisan nama lembaga dan gedung; 2) tulisan nama sarana umum; 3) tulisan nama ruang pertemuan; 4) tulisan nama produk barang/jasa; 5) tulisan nama jabatan; 6) tulisan penunjuk arah atau rambu umum; dan 7) tulisan berbentuk spanduk atau alat informasi lain sejenisnya.

“Pemenang Lomba Wajah Bahasa ini akan diumumkan   awal Oktober pada puncak acara peringatan Bulan Bahasa 2018. Pemenang kategori akan mendapatkan piagam penghargaan, bingkisan, dan uang pembinaan,” pungkasnya. (am-bbsu-28/8/18)

Artikel Terpopuler