Penyuluhan Bahasa Indonesia bagi Tenaga Kebahasaan dan Kesastraan SD/MI

BANJARBARU — Balai Bahasa Kalimantan Selatan melaksanakan kegiatan Penyuluhan Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Tenaga Kebahasaan dan Kesastraan  SD/MI Kota Banjarbaru. Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari, yaitu pada tanggal 22—24 Oktober 2018 ini, bertempat di BP PAUD dan Dikmas Kalsel, Jalan Abulung, Loktabat Utara, Banjarbaru.  Tujuan yang diharapkan dari kegiatan ini ialah agar peserta (1) dapat meningkatkan sikap positif terhadap penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar; (2) dapat menambah wawasan peserta terhadap permasalahan kaidah-kaidah kebahasaan; dan (3) dapat menularkan pengetahuan yang diperoleh peserta kepada  perserta  didik di lingkungan sekolah masing-masing.
 
Materi sajian dan narasumber penyuluhan sebagai rangkaian kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra 2018 ini adalah Kalimat dan Paragraf oleh Drs. Imam Budi Utomo, M.Hum.,  Ejaan Bahasa Indonesia oleh  Derri Ris Riana, S.S., dan  Bentuk dan Pilihan Kata okeh Eka Suryatin, S.Pd.
 
Dalam sambutan pembukaan  di hadapan tiga puluh  peserta, Kepala Balai Bahasa Kalimantan Selatan, Drs. Imam Budi Utomo, M.Hum., menjelaskan bahwa kebijakan bahasa yang digagas  oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dimaksudkan untuk memartabatkan bahasa Indonesia, di samping program prioritas nasional lainnya, misalnya Gerakan Literasi Nasional, konservasi dan revitalisasi bahasa dan sastra daerah, serta penginternasionalan bahasa Indonesia. (edwin)

Artikel Terpopuler