Diskusi Kelompok Terpumpun Pembinaan Jejaring BIPA di Kalimantan Selatan

Banjarmasin – Balai Bahasa Kalimantan Selatan menyelenggarakan kegiatan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Pembinaan Jejaring Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) pada 15—17 Oktober 2018 di Hotel Roditha Banjarmasin. Kegiatan ini dibuka oleh Gubernur Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan, H. Siswansyah, S.H., M.H. Dalam sambutan pembukaan, Gubernur menyambut baik upaya Balai Bahasa Kalimantan Selatan dalam menjawab tantangan zaman untuk menginternasionalkan bahasa Indonesia melalui program BIPA, khususnya di Kalimantan Selatan sebagai salah satu daerah pertambangan.
 
Kegiatan DKT tersebut diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi bagi pembelajaran BIPA bagi para pekerja asing yang banyak terdapat di Kalimantan Selatan. Narasumber kegiatan ini adalah (1) Kepala Balai Bahasa Kalimantan Selatan, Drs. Imam Budi Utomo, M.Hum., (2) Kabid Diplomasi Kebahasaan, Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK), Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Doni Setiawan, S.S., M.Pd., dan (3) peneliti dan pegiat BIPA Balai Bahasa Kalimantan Selatan, Derri Ris Riana, S.S. 
 
Ketua kegiatan, Syamsuddin, S.Pd., dalam laporannya menyebutkan bahwa DKT Pembinaan Jejaring BIPA tersebut diikuti oleh 23 orang pengajar dan pegiat BIPA, termasuk perwakilan dari Pemerintah Daerah dan perusahaan swasta yang mempekerjakan orang asing di Kalimantan Selatan. Kegiatan ini diselenggarakan untuk mengembangkan pengajaran BIPA, yang salah satu langkah awalnya adalah membangun dan menyinergikan jejaring BIPA yang ada di Kalimantan Selatan. Dengan dilaksanakannya kegiatan DKT Pembinaan Jejaring BIPA ini diharapkan dapat memicu peningkatan pengajaran BIPA seiring dengan meningkatnya SDM pengajar dan pegiat BIPA Kalimantan Selatan. (edwin)
 

Artikel Terpopuler