Pemenang Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Anak Balai Bahasa Jawa Barat

Bandung, Jawa Barat—Balai Bahasa Jawa Barat mengadakan acara Penyerahan Hadiah Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Anak Tahun 2018 di Aula Balai Bahasa Jawa Barat, Bandung, Rabu, 5 Desember 2018.  “Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Anak Tahun 2018 bertujuan untuk menjaring penulis baru dan memperkaya bahan bacaan literasi untuk siswa SD serta mendukung Gerakan Literasi Nasional 2018,” ujar Sutedjo, Kepala Balai Bahasa Jawa Barat.

Ketua Panitia,  Asep Rahmat Hidayat, berujar,  “Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Anak Tahun 2018 dilaksanakan bulan September—Oktober 2018. Dari  29 buku yang dikumpulkan, Balai Bahasa Jawa Barat telah melakukan penilaian dan menetapkan enam bahan bacaan terbaik.”

Setiap bahan bacaan harus disusun dalam bentuk buku. Satu buku dapat berisi lima jenis teks dengan satu tema atau satu jenis teks dengan beragam judul dalam satu tema. Teks bahan bacaan dapat berupa teks narasi, deskripsi, eksposisi, dan /atau prosedural.

Tema bahan bacaan yang disayembarakan adalah lanskap dan perubahan sosial masyarakat pedesaan dan perkotaan di Jawa Barat, kekayaan bahasa daerah di Jawa Barat, keteladanan tokoh-tokoh di Jawa Barat, kuliner di Jawa Barat, dan arsitektur di Jawa Barat. Selain itu, bahan bacaan harus mengandung unsur keberagaman Indonesia, keramahan lingkungan dan pesan moral dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga dan masyarakat serta tidak mengandung unsur pronografi, kebencian, dan bias gender.

Bahan bacaan juga harus memuat ilustrasi atau gambar yang menarik dan sesuai. Ilustrasi atau gambar ini penting untuk meningkatkan ketertarikan siswa sekolah dasar  untuk membaca teks dan mendukung  penyampaian makna atau pesan cerita.

Pemilihan enam bahan bacaan terbaik dilaksanakan oleh tim juri, yaitu Dr. Yeyen Maryani, M.Hum., Moch. Irfan Hidayatullah, M.Hum., dan Dr. Muhamad Adji, M.Hum. Penilaian bahan bacaan dilakukan berdasarkan kesesuaian tema, isi, dan ilustrasi.

Enam pemenang  sayembara beserta judul bukunya adalah (1) Nia Kurniawati, Serunya Jelajah Taman Kota di Bandung; (2) Irra Fachriyanthi, Om Oncom; (3)  Wylvera Windayana,  Kuliner Persahabatan; (4)  Andi Solihat,  Di Tepian Sungai Citarum; (5)  Muhtadin 5 Tokoh Inspiratif Jawa Barat;  dan (6) Hara Hope, dengan judul buku Mengenal Kekayaan Cirebon yang Hampir Punah.

Pengumuman pemenang dipublikasikan pada 30 November 2018 dan penyerahan hadiah Rabu, 5 Desember 2018. Setiap pemenang memperoleh plakat,  sertifikat penghargaan, dan hadiah uang sebesar Rp5.000.000,00.

Acara Penyerahan Hadiah Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Anak Tahun 2018 ini  dimeriahkan dengan hiburan grup vokal  Senandung Beranda dan pembacaan puisi dari dan oleh karyawan  Balai Bahasa Jawa Barat. (pad)

Artikel Terpopuler