Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera Utara Tertarik Program Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia

Medan-Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera Utara (FKIP UISU), Hasrita Lubis beserta Wakil Dekan III Nila Safina dan Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Rita melakukan kunjungan kerja ke Balai Bahasa Sumatra Utara (BBSU), Kamis, 3 Januari 2019. Kedatangan Dekan FKIP UISU beserta rombongan diterima langsung oleh Kepala BBSU, Fairul Zabadi.

Dalam kunjungannya, Dekan FKIP UISU menyatakan bahwa pihaknya tertarik dengan program Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) yang dimiliki BBSU. Oleh karena itu, pihaknya mulai tahun ini berencana memboyong program tersebut ke fakultasnya.

"Kami sangat tertarik dengan program UKBI ini. Untuk itu, mulai tahun ini, kami akan mewajibkan mahasiswa kami, khususnya Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia untuk mengikuti UKBI. Sertifikat kelulusan UKBI akan menjadi persyaratan mahasiswa sebelum seminar proposal maupun meja hijau," ungkap Hasrita.

Selain itu, Dekan FKIP UISU juga mengatakan bahwa kehadiran pihaknya ke BBSU guna menjalin kerja sama di bidang kebahasaan dengan BBSU dan mengundang Kepala BBSU untuk memberikan kuliah umum kepada mahasiswa FKIP UISU.

Fairul Zabadi menyambut baik undangan Dekan FKIP UISU untuk memberikan kuliah umum dan merasa terhormat atas kedatangan rombongan Dekan FKIP UISU. Selain itu, ia juga memaparkan tentang sejumlah kegiatan yang telah dilaksanakan BBSU. Program-program tersebut, antara lain pelaksanaan UKBI, pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), dan penulisan kreatif.

Dalam paparannya, Fairul menjelaskan bahwa pelaksanaan UKBI sudah lama dilaksanakan BBSU. Program ini, bahkan sudah memiliki hak paten Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Selain UKBI, Fairul juga menjelaskan konsep kerja sama di bidang pengajaran BIPA dan penulisan kreatif.

"BIPA merupakan produk unggulan BBSU guna membantu orang asing yang bekerja, kuliah atau tinggal di Sumatra Utara menguasai bahasa Indonesia, sedangkan program penulisan kreatif yang saat ini tengah digalakkan BBSU dapat mendorong munculnya tulisan-tulisan kreatif yang siap muat di media massa maupun bahan cetakan lainnya," ungkap Fairul.

Kunjungan kerja itu diakhiri penandatanganan nota kerja sama aksi, khususnya di bidang UKBI serta penyerahan jurnal Medan Makna, majalah sastra Lintas Sempadan, dan majalah bahasa Kolofon oleh Kepala BBSU kepada Dekan FKIP UISU. (syd)

Artikel Terpopuler