Bahasa Indonesia Mempermudah Anak Mencerna Ilmu

Balai Bahasa Riau (BBR), Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan kegiatan Penyuluhan Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Guru SD dan SMP se-Kabupaten Rokan Hilir, di Baganbatu, Selasa, 9 April 2019. Kepala Bidang Pembinaan dan Ketenagaan, Dinas Pendidikan Kabupaten Rokan Hilir, Kuswantoro dalam sambutannya mengungkapkan bahwa penggunaan bahasa Indonesia ragam fomal merupakan hal yang penting bagi guru agar bisa diikuti para siswa. Selain itu, Kuswantoro juga menambahkan bahwa penggunaan bahasa Indonesia yang benar dalam proses belajar mengajar akan mempermudah anak dalam mencerna ilmu yang disampaikan.

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari tersebut dihadiri langsung oleh Kepala BBR, Umar Solikhan. Dalam materinya tentang kalimat efektif, Umar Solikhan menuturkan bahwa kalimat efektif adalah kalimat yang memperlihatkan kesempurnaan dalam proses penyampaian informasi dari penutur atau penulis kepada pendengar atau pembaca. Dengan demikian, informasi yang disampaikan oleh pembicara atau penulis tergambar lengkap dalam pikiran pendengar atau pembaca.

Sementara itu, salah seorang pemateri, Imelda Yance menekankan pentingnya seseorang untuk memperhatikan pilihan kata. Pemilihan kata yang tepat dalam berbahasa dapat mengungkapkan gagasan secara tepat, tidak mubazir, dan sesuai konteks.

Selain Umar Solikhan dan Imelda Yance, kegiatan yang diselenggarakan berkat kerja sama BBR dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Rokan Hilir tersebut juga diisi oleh pemateri, Sri Sabakti yang memberikaan materi tentang ejaan bahasa Indonesia.

Acara yang diikuti oleh guru sekolah dasar dan sekolah menengah pertama yang berada di tiga kecamatan di Baganbatu, Kabupaten Rokan Hilir ini berlangsung lancar. Peserta terlihat sangat antusias dan berharap dapat mengikuti kembali acara serupa pada lain waktu. (Irwanto).

Artikel Terpopuler