Pemilihan Duta Bahasa Sumatra Barat Tahun 2019

Diko Arianto dan Siti Ivadhea Harrisa dinobatkan sebagai Duta Bahasa Sumatra Barat Tahun 2019. Penobatan itu dilangsungkan pada acara Malam Penganugerahan Duta Bahasa Sumatra Barat, Sabtu, 13 April 2019 di Gedung Tengku M. Syafei, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sumatra Barat. Pada acara tersebut, Diko dan Siti berhasil menyisihkan sembilan pasang finalis lainnya.

Keberhasilan Diko dan Siti meraih gelar Duta Bahasa Sumatra Barat Tahun 2019 bukanlah suatu hal yang mudah. Mereka telah melewati rangkaian seleksi yang panjang dan juga proses karantina yang melelahkan. Berkat kerja keras dan kesungguhan hati, mereka berhasil meraih gelar Duta Bahasa Sumatra Barat Tahun 2019 dengan mengalahkan lebih dari sembilan puluh orang pendaftar.

Ketua panitia pelaksana, Wahyudi menyatakan bahwa seleksi pemilihan duta bahasa tahun 2019 ini sangat ketat. Ada tiga tahapan seleksi yang harus diikuti seluruh peserta, yaitu tahapan seleksi administrasi serta motivasi, wawancara, dan tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). Setelah keseluruhan tahapan tersebut, sepuluh pasang peserta yang dinyatakan lolos dikarantina mulai tanggal 9—14 April 2019.

Menurut Wahyudi, pada tahapan karantina, para peserta dipantau tingkah laku, kepribadian dan rasa tanggung jawabnya. “Mereka juga dibekali dengan ilmu kebahasaan, etika, kepribadian, wicara publik, serta kelas kecantikan atau tata rias,”  ujarnya.

Pada Malam Penganugerahan Duta Bahasa Sumatra Barat Tahun 2019, tiga orang juri yang terdiri atas Kepala Balai Bahasa Sumatra Barat (BBSB), Dwi Sutana; dosen Universitas Andalas, Sawirman; dan Ketua Ikatan Duta Bahasa Sumatra Barat, Annike Feby Fiolina memberikan pertanyaaan seputar kebahasaan dan kesastraan serta sikap dan kepribadian kepada setiap finalis.

Kepala BBSB, Dwi Sutana berharap seluruh peserta dapat menjadi pelopor penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, khususnya di kalangan generasi muda. “Saya juga berharap duta bahasa terpilih bisa mengharumkan nama Sumatra Barat di kancah pemilihan duta bahasa tingkat nasional,” tutupnya. (Joni Syahputra)

Artikel Terpopuler