Badan Bahasa dan Perbukuan Susun Templat Naskah Buku Elektronik SD, SMP, dan SMA

Jakarta, Badan Bahasa dan Perbukuan—Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kemendikbud, Dadang Sunendar didampingi Plt. Kepala Pusat Perbukuan, M. Abdul Khak, membuka kegiatan Penyusunan Naskah Konten Multimedia untuk Pengembangan Buku Elektronik Tahun 2019 di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, pada Rabu, 26 Juni 2019.

Dalam sambutannya, Dadang menyampaikan harapannya, yaitu agar buku elektronik dalam jaringan (daring) ataupun luar jaringan (luring) dapat diakses dan diunduh dengan mudah, serta cocok dengan sistem operasi komputer dan ponsel saat ini.

Ia juga berpesan agar templat yang akan disusun dapat menjadi standardisasi untuk buku-buku yang dibuat oleh Kemendikbud.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan dan Penyusunan Buku, Ence Oos M. Anwas, mengatakan bahwa buku elektronik yang disusun terdiri dari 18 judul, yaitu SD kelas 4,5, dan 6, masing-masing dua judul; SMP kelas 7, delapan judul; dan SMA kelas 10, empat judul.

Oos berharap pengembangan buku elektronik itu dapat berjalan dengan lancar, inspiratif, menarik, dan dapat bermanfaat untuk peserta didik di seluruh Indonesia.

Kegiatan yang ditaja oleh Pusat Perbukuan itu berlangsung selama tiga hari (26 s.d. 28 Juni 2019) dan dihadiri oleh 102 peserta, yang terdiri dari penulis, ahli materi, ahli media, dan pengembang konten. Tujuan dari kegiatan itu adalah untuk menentukan templat naskah buku elektronik bagi siswa pada jenjang SD, SMP, dan SMA. (ay,an)

Artikel Terpopuler