James Collin dari Universitas Kebangsaan Malaysia Berikan Wawasan Revitalisasi Bahasa dan Sastra

Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendapatkan kesempatan yang sangat berharga karena kehadiran narasumber ahli bahasa, James Thomas Collins dari Universitas Kebangsaan Malaysia pada 10 April 2019 di Hotel Arion Swiss Belhotel, Bandung. Pada kesempatan tersebut, James Thomas Collins memberikan wawasan serta pengalaman tentang revitalisasi bahasa dan sastra dalam kegiatan Orientasi dan Standardisasi Konservasi dan Revitalisasi Bahasa dan Sastra.

Seperti yang telah diketahui, James Thomas Collins sangat aktif dalam melakukan penelitian bahasa di Indonesia, khususnya bahasa-bahasa di Maluku. Salah satu karya terbarunya adalah Penelitian Bahasa di Maluku (2018). Buku tersebut merupakan salah satu dari berbagai penelitian yang telah diterbitkan berkat kerja sama dengan Kantor Bahasa Provinsi Maluku. Selain penelitian, Collins juga aktif melakukan revitalisasi bahasa dan sastra di Indonesia.

Kegiatan Orientasi dan Standardisasi Konservasi dan Revitalisasi Bahasa dan Sastra merupakan kegiatan Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra untuk memberikan wawasan kepada para pendamping balai/kantor bahasa sebelum melakukan survei dan monitoring konservasi dan revitalisasi bahasa dan sastra. Setelah diberikan bekal yang cukup, para pendamping yang terdiri atas pengonservasi dan perevitalisasi bahasa dan sastra harus dapat menularkan wawasannya kepada unit pelaksana teknis di daerah, sesuai wilayah tugasnya.

“Ilmu yang didapatkan dari kegiatan ini akan sangat berguna bagi pendamping untuk membantu balai/kantor bahasa di daerah dalam melakukan konservasi dan revitalisasi bahasa dan sastra,” ujar Ganjar Harimansyah, Kepala Bidang Pelindungan Bahasa dan Sastra. Di sisi lain, kegiatan ini disambut baik pula oleh narasumber yang mengisi materi. “Saya senang bisa membagi pengalaman dan wawasan yang saya miliki di forum seperti ini,” kata Collins setelah selesai kegiatan.

Artikel Terpopuler