Balai Bahasa Sumbar Gelar Pekan Bahasa dan Sastra 2019

Balai Bahasa Sumatra Barat menggelar Pekan Bahasa dan Sastra 2019 tanggal 26—31 Agustus 2019 di Auditorium RRI Padang. Dalam kegiatan tersebut digelar berbagai lomba yang menyangkut kebahasaan dan kesastraan.

Pada hari pertama, 26 Agustus, digelar Lomba Berdendang untuk Umum Se-Sumatra Barat. Pesertanya berasal dari pedendang yang terdapat di Sumatra Barat. Pada hari kedua, 27 Agustus 2019, dilaksanakan Lomba Mengajar Berbahasa Indonesia bagi Guru SD/MI Se-Sumatra Barat. Pada hari ketiga adalah Lomba Baca Puisi Tingkat SLTP Se-Sumatra Barat. Selanjutnya, pada hari keempat, 29 Agustus 2019, digelar Lomba Debat bagi Mahasiswa Se-Sumatra Barat. Pada hari terakhir dilakukan Lomba Pidato bagi Siswa SLTP Se-Sumatra Barat. Rangkaian Pekan Bahasa dan Sastra ini ditutup dengan Lomba Musikalisasi Puisi Tingkat SLTA Se-Sumatra Barat, 31 Agustus 2019. Bagi para pemenang lomba panitia   menyediakan hadiah puluhan juta rupiah serta piagam penghargaan dan   dan trofi.

Dalam acara pembukaan Kepala Balai Bahasa Sumatra Barat, Drs. Dwi Sutana, M.Hum., menyatakan bahwa kegiatan Pekan Bahasa Sastra ini merupakan agenda rutin Balai Bahasa Sumbar setiap tahun  dalam rangka memasyarakatkan bahasa dan sastra di wilayah Sumatra Barat sesuai dengan tupoksi Balai Bahasa Sumatra Barat sebagai UPT Kementerian Pendidikan.

Lebih jauh Dwi berharap melalui penyelenggaraan Pekan Bahasa dan Sastra 2019 ini, masyarakat Sumbar dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuannya tentang hakikat dan penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Menurut Dwi, warga masyarakat serta para peserta didik sangat antusias menyambut penyelenggaraan  Pekan Bahasa dan Sastra 2019  ini. “Rata-rata dalam setiap cabang lomba banyak calon peserta yang terpaksa ditolak oleh panitia  karena kuota yang tidak mencukupi,” ujarnya. Pembatasan jumlah peserta lomba dilakukan atas pertimbangan waktu pelaksaan, yakni pelaksanaan setiap cabang lomba berlangsung hanya dalam satu hari, (Joni Syahputra)

Artikel Terpopuler