TAKLIMAT MEDIA KATA TAHUN INI (KTI) 2019

Pendahuluan

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) merupakan salah satu unit utama di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memiliki tugas untuk melaksanakan pengembangan, pembinaan, dan pelindungan di bidang bahasa dan sastra Indonesia. Dalam kerangka pelaksanaan tugas tersebut, pada tahun 2020 Badan Bahasa menetapkan untuk pertama kalinya Kata Tahun Ini (KTI). KTI yang ditetapkan pada awal tahun 2020 adalah Kata Tahun Ini pada tahun 2019.  

 

Penetapan Kata Milenial

Kata yang dipilih sebagai KTI pada tahun 2019 adalah kata milenial. Kata milenial memiliki makna pertama ‘berkaitan dengan milenium’  dan makna kedua ‘berkaitan dengan generasi yang lahir di antara tahun 1980-an dan 2000-an’. Kata milenial, baik dengan makna pertama maupun makna kedua, berkelas kata adjektiva.

Kata milenial ditetapkan sebagai KTI 2019 dengan mempertimbangkan beberapa kriteria sebagai berikut.

1.       Kata milenial merupakan salah satu kata yang masuk dalam pencarian kata terpopuler sepanjang tahun dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring.

2.       Kata milenial merupakan kata yang digunakan sepanjang tahun menurut Google Trends dengan jumlah penggunaan tertinggi pada bulan Maret 2019.

3.       Kata milenial menandai berbagai peristiwa .

4.       Kata milenial digunakan oleh berbagai kalangan, dari pejabat hingga masyarakat umum.

5.       Kata milenial memiliki keluasan distribusi bidang yang merata di seluruh Indonesia.

 

Berikut ini merupakan penjelasan dan data dukung dari kriteria pemilihan yang telah disebutkan.

1. Daftar Kata Terpopuler

KBBI merekam kata-kata yang memiliki pencarian terbanyak tahun ini. Pada tahun 2019 KBBI mencatat 15 kata yang memiliki jumlah pencarian tertinggi, yaitu kerja sama, praktik, analisis, risiko, memengaruhi, izin, aktivitas, milenial, survei, daring, zaman, Praktik, hoaks, detail, dan sistem. Kata milenial merupakan salah satu kata dalam daftar tersebut dengan jumlah pencarian sebanyak 19.834 pencarian berdasarkan data pada tanggal 30 Desember 2019 pukul 12.58.

Kata milenial menjadi populer karena mencerminkan munculnya generasi baru dalam bidang teknologi informasi dalam kurun waktu tahun 1980-an dan tahun 2000-an. Hal itu memunculkan babak baru dalam penyebutan generasi yang dikaitkan dengan  kemampuannya dalam penguasaan dan penggunaan teknologi informasi, seperti komputer, internet, dan ponsel (HP) dengan pengembangan varian aplikasinya. Kata milenial tersebut juga mewakili perubahan sosial dan kultural di masyarakat.

2. Pemunculan di Google Trends

Berdasarkan data dari Google Trends, kata milenial paling banyak dicari pada bulan Maret 2019. Masifnya masyarakat yang terlibat dalam suatu acara yang bertajuk milenial  mendorong jumlah pencarian kata tersebut di Google. Pemunculan kata milenial ini diperkuat dengan pencarian topik tertinggi untuk kata milenial, yaitu topik yang berhubungan dengan keamanan (safety) dan keamanaan perjalanan (road traffic safety). Selain itu, kueri tertinggi juga berhubungan dengan acara tersebut, yaitu milenial road safety dan milenial road safety festival.

3. Penanda Berbagai Peristiwa

Terdapat berbagai peristiwa yang menandai penggunaan kata milenial oleh masyarakat. Beberapa peristiwa tersebut disebutkan berikut ini.

a.       Millenial Road Safety Festival (Maret 2019)

Kata ini menjadi tren karena adanya acara Millennial Road Safety Festival 2019 atau Festival Keselamatan (di) Jalan Milenial 2019. Acara tersebut digelar di 34 provinsi dan memecahkan tiga rekor Muri di Jawa Timur, yaitu (1) pembentangan bendera merah putih sepanjang 5,4 kilometer yang dibawa oleh ribuan perwakilan pelajar se-Jatim; (2) senam dayung massal oleh 1.000 orang di atas Jembatan Suramadu; dan (3) senam dayung di atas kapal yang diikuti 4.000 nelayan dari 2.000 kapal nelayan.

b.    Pemilihan Staf Khusus Presiden

Kata milenial memiliki peningkatan dalam pencarian pada bulan November 2019. Hal ini sejalan dengan adanya pengumuman staf khusus Presiden Republik Indonesia yang berasal dari kalangan milenial pada tanggal 21 November 2019. Berdasarkan pencarian Google pada tanggal 30 Desember 2019 pukul 09.25, kata staf khusus milenial yang merupakan kueri tertinggi ketiga berdasarkan data Google Trend menunjukkan bahwa topik tersebut telah dipakai sebanyak 2.940.000 kali

 

4. Penggunaan oleh Berbagai Kalangan

Fakta penggunaan di masyarakat, baik dalam komunikasi lisan maupun komunikasi tulis di media sosial, kata milenial dikenal dan digunakan oleh berbagai kalangan untuk mengidentifikasi perilaku dan generasi yang memiliki karakteristik tertentu, misalnya dalam ungkapan anak milenial, generasi milenial, gaya milenial, dan bahasa milenial. Pengguna kata milenial tidak hanya jurnalis atau kalangan remaja yang terkait erat dengan kemunculan kata ini. Akan tetapi, pejabat, tokoh masyarakat, selebritas, dan masyarakat umum pun sering menggunakannya.

 

5. Keluasan Distribusi Bidang

Kata milenial digunakan dalam berbagai bidang kehidupan. Berikut ini adalah penjelasan mengenai distribusi penggunaan kata milenial.

a)    Media Nasional

Penggunaan kata milenial cukup kental dalam dunia jurnalistik. Hal ini dibuktikan dengan berbagai berita dalam media nasional sepanjang tahun 2019. Berbagai media nasional yang dimaksud, antara lain Kompas, CNBC, CNN, Detik, Tempo, Liputan 6, Kontan, dan Media Indonesia.

     b)  Publikasi Ilmiah

Kata milenial kerap ditemukan di berbagai publikasi ilmiah, seperti skripsi atau artikel jurnal dari berbagai universitas, seperti Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Sam Ratulangi, UIN Mataram, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, dan Institut Pertanian Bogor.

     c) Laman Pemerintahan

Kata milenial juga banyak digunakan dalam berbagai laman pemerintah yang memiliki domain go.id sepanjang tahun 2019, seperti Kemenkominfo, Bank Indonesia, Kementerian BUMN, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Komisi Penyiaran Indonesia.

          d) Swasta

Kata milenial juga kerap digunakan oleh pihak swasta yang bergerak di berbagai bidang, antara lain properti, keuangan, perbankan, kesehatan, asuransi, dan perdagangan barang konsumsi.

         e) Bidang Pengetahuan

Kata milenial memiliki area penggunaan yang luas dalam berbagai bidang, seperti kedokteran, matematika, teknologi informasi, sosial politik, dan desain yang dapat ditemukan, baik dalam publikasi ilmiah maupun artikel blog atau berita.

    f) Wilayah Penggunaan

Kata milenial digunakan di berbagai kota di Indonesia, dengan penggunaan tertinggi di Depok, Yogayakarta, Banjarmasin, Malang, dan Padang. Secara umum kata milenial juga digunakan di seluruh wilayah provinsi di Indonesia.

 

Simpulan

Kata milenial merupakan kata yang tepat untuk dijadikan Kata Tahun Ini pada Tahun 2019. Pemilihan kata milenial ditinjau, baik dari segi popularitas, penggunaan, maupun distribusinya. Kata ini memiliki popularitas yang relatif tinggi sepanjang tahun dengan distribusi penggunaan di berbagai daerah, bidang ilmu, dan pemangku kepentingan yang luas. Sebagai Kata Tahun Ini pada tahun 2019, kata milenial ini juga potensial untuk tetap bertahan digunakan karena beberapa hal berikut, yaitu (1) penggunaan istilah generasi milenial  untuk mengidentifikasi generasi produktif yang memiliki kontribusi sosial dan kemampuan teknologi yang baik; (2) berita yang membahas atau berita yang ditulis oleh generasi milenial cukup banyak beredar di masyarakat; dan (3) Kata milenial sering diasosiasikan pada kebaruan dan kemodernan.

 

Ditetapkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta pada Januari 2020

Selingan

Daftar Selingan

  • zoonosis = zoonosis
  • work from office = kerja dari kantor (KDK)

  • work from home = kerja dari rumah (KDR)

  • ventilator = ventilator

  • tracing = penelusuran; pelacakan

  • throat swab test = tes usap tenggorokan

  • thermo gun = pistol termometer

  • swab test = uji usap

  • survivor = penyintas

  • specimen = spesimen; contoh

  • social restriction = pembatasan sosial

  • social media distancing = penjarakan media sosial

  • social distancing = penjarakan sosial; jarak sosial

  • self-quarantine = swakarantina; karantina mandiri

  • self isolation = isolasi mandiri

  • screening = penyaringan

  • respirator = respirator

  • rapid test = uji cepat

  • rapid strep tes =t uji strep cepat

  • protocol = protokol

  • physical distancing = penjarakan fisik

  • pandemic = pandemi

  • new normal = kenormalan baru

  • massive test = tes serentak

  • mask = masker

  • lockdown = karantina wilayah

  • local transmission = penularan lokal

  • isolation = isolasi

  • incubation = inkubasi

  • imported case = kasus impor