Pagelaran dan Pertunjukan

Kata pagelaran dan pergelaran kita temukan dalam bahasa Indonesia sehari-hari. Kedua kata itu berasal dari kata dasar yang sama, yaitu gelar. Kedua kata itu juga mempunyai arti yang sama. Lalu, mana di antara kedua kata itu yang baku?

Kata pagelaran berasal dari kata dasar gelar dan imbuhan pa-…-an. Perlu kita ingat bahwa dalam bahasa Indonesia tidak ada imbuhan pa-…-an. Imbuhan itu terdapat dalam bahasa daerah. Dalam bahasa Jawa, misalnya, terdapat kata paguyuban, paseduluran, dan pasamuan. Dengan demikian, dapat kita ketahui bahwa kata pagelaran adalah bentuk kata bahasa daerah. Kata dengan imbuhan pa-…-an itu dapat dipadankan dengan kata bahasa Indonesia yang berimbuhan per-…-an: paguyuban = perkumpulan, paseduluran = persaudaraan, dan pasamuan = pertemuan.

Dalam bahasa Indonesia terdapat kata pertunjukan. Kata itu dibentuk dari kata dasar tunjuk dengan imbuhan per-…-an. Selain pertunjukan dari kata dasar tunjuk dibentuk kata, misalnya, menunjuk, menunjukkan, mempertunjukkan, penunjukan, dan penunjuk. Sejalan dengan itu, dari kata dasar gelar dibentuk kata pergelaran. Selain itu, dapat pula dibentuk kata menggelar, digelar, tergelar, dan mempergelarkan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bentuk kata yang benar dalam bahasa Indonesia adalah pergelaran, bukan pagelaran.