Klub Baca Buku

Isi: 

> Apa itu Klub Baca Badan Bahasa?

Klub ini diinisiasi sebagai wadah untuk menggiatkan kegiatan literasi dan bincang ilmiah di Badan Bahasa. Klub ini dibentuk dengan moto “Membaca untuk Meningkatkan Kualitas Hidup”.
Diskusi dalam klub ini bersifat ilmiah populer. Kata ilmiah di sini mengandung pengertian bahwa topik atau tema yang didiskusikan berupa tema yang berhubungan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan penelitian di bidang kebahasaan dan kesastraan. Kata populer digunakan untuk mewadahi topik atau tema yang berasal dari hasil membaca karya-karya populer untuk menambah pengetahuan umum anggota klub ini. Dengan demikian, karya-karya yang didiskusikan tidak hanya terbatas pada tema kebahasaan dan kesastraan, tetapi juga mencakup tema pengetahuan umum lain yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup anggota klub baca ini.

Secara tidak langsung, klub ini melatih anggotanya untuk berpikir kritis dan analitis, meningkatkan kemampuan dalam menyampaikan gagasan, menyerap informasi baru, serta berlatih untuk menghormati gagasan orang lain.
Hasil perbincangan dalam klub ini diharapkan menjadi sumber inspirasi untuk membuahkan ide-ide penelitian yang kreatif, inovatif, serta berdampak luas bagi pengembangan ilmu pengetahuan, pembinaan masyarakat, serta pelestarian bahasa dan sastra di Indonesia.
 

> Bagaimana Keanggotaan Klub Baca Badan Bahasa?

Anggota klub baca ini adalah orang-orang yang berkeinginan untuk membagi serta memperoleh informasi tentang ilmu pengetahuan, hasil atau rencana penelitian, serta isu-isu lain yang berkembang di Indonesia.
Keanggotaan klub baca ini bersifat bebas aktif. Setiap peserta bebas memilih tema atau buku yang ingin didiskusikannya dan setiap peserta aktif untuk memberikan pendapat atau pandangannya.

> Bagaimana Mekanisme Klub Baca Badan Bahasa?

Setiap anggota klub baca memiliki kewajiban untuk membagi informasi tentang hasil membacanya. Setiap anggota dapat mengajukan diri atau ditunjuk sebagai sumber informasi.
Bincang ilmiah populer diadakan dua minggu sekali dengan durasi 1—2 jam. Anggota yang menjadi sumber informasi mempresentasikan hasil bacaannya untuk kemudian didiskusikan bersama. Setelah berbincang, setiap peserta diharapkan mengisi log mingguan yang berisi tentang ringkasan atau hal-hal penting yang dipelajarinya selama diskusi.
Jika diperlukan, klub baca ini dapat mengundang narasumber yang sesuai dengan tema yang disepakati oleh anggota klub.

> Apa Motivasi Anggota Klub Baca Badan Bahasa?

Kehausan akan informasi dan suasana ilmiah, keinginan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan serta ide baru serta suasana diskusi yang serius, tetapi santai merupakan hal-hal yang memotivasi anggota klub baca untuk selalu hadir dalam pertemuan Klub Baca Badan Bahasa.
 

Selamat membaca dan berkarya!

 

 

# Daftar Buku dan Hasil Diskusi