Balai Bahasa Sumut Tingkatkan Apresiasi Sastra Pelajar Melalui Festival Drama

Medan, Balai Bahasa—Bagi Provinsi Sumatra Utara, khususnya kota Medan, seni teater atau drama sudah menjadi aktivitas yang paling populer dan diminati para pelajar dan remaja, hampir setiap sekolah (setingkat SMA) dan perguruan tinggi di Medan memiliki kelompok drama/teater. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Balai Bahasa Sumatra Utara, Dr. Tengku Syarfina saat membuka kegiatan bertajuk Festival Teater Pelajar se-Sumatra Utara di Auditorium RRI Medan, Jumat, 21 Oktober 2017.

Syarfina menambahkan, untuk memfasilitasi hal tersebut, selain melalui pelatihan seperti bengkel sastra drama, Balai Bahasa Sumatra Utara juga mengadakan festival atau perlombaan. “Potensi bakat dan minat pelajar terhadap sastra khususnya drama akan berkembang dengan baik, jika mereka sering tampil dalam suatu festival atau perlombaan. Kegiatan-kegiatan bernuansa kompetisi ini juga diyakini akan meningkatkan daya kreatif dan apresiatif pelajar terhadap sastra,” ungkapnya.

Ketua panitia kegiatan, Khairani Nasution menjelaskan bahwa festival ini adalah wadah berapresiasi, berkreasi, berimajinasi, dan berkompetisi bagi pelajar. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menciptakan seni drama sebagai salah satu aktivitas ekstrakurikuler di sekolah, yang kelak dapat membina mental dan mengembangkan potensi para pelajar. Selanjutnya, akan mengurangi dan menjauhkan para pelajar dari pergaulan negatif, seperti tawuran, pemakaian narkoba, dan tindak kriminal.

“Peserta yang kami undang adalah sekolah-sekolah yang memiliki ekskul atau sanggar drama yang aktif. Untuk tahun ini diikuti oleh 20 tim yang terbagi dalam dua kategori, kategori setingkat SMP dan SMA. Kami juga sangat bangga karena kegiatan ini dihadiri dan ditonton lebih dari 500 orang,” jelas Khairani.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini, 20 – 21 Oktober 2017, diikuti oleh 20 tim yang berasal dari 9 sekolah setingkat SMP dan 10 sekolah setingkat SMA. Tiga dewan juri yang terdiri dari Eddy Siswanto (aktor teater/film), Y.S. Rat (dramawan), dan Agus Mulia (aktor teater/film) telah memilih pemenang berdasarkan kriteria: 1) keaktoran (penguasaan karakter, teknik vokal/dialog antarpemain, ekspresi, gestur, penguasaan panggung, teknik muncul, dan improvisasi); 2) artistik (tata panggung, tata rias, tata busana, tata lampu, dan tata musik); dan 3) penyutradaraan (garapan, korelasi naskah dan pertunjukan, dan harmonisasi).

Berikut daftar pemenang Festival Teater Pelajar se-Sumatra Utara Tahun 2017

     1.   Pemenang Kategori SMP

Pemenang I, SMP Harapan II Medan

Pemenang II, SMP Al Washliyah 8 Medan

Pemenang III, SMP Kalam Kudus Medan

2.   Pemenang Kategori SMA

Pemenang I, SMAK Negeri 1 Medan

Pemenang II, SMK Negeri 8 Medan

Pemenang III, SMA Negeri 4 Medan

3.   Aktor Berbakat : Anggiat (SMP Negeri 6 Medan)

4.   Aktris Berbakat : Fadya Aura Diza (SMP Harapan 2 Medan)

5.   Pemeran Pembantu Berbakat: Nova Ramadhani (SMP Al Washliyah 8 Medan)

6.   Artistik Terbaik: SMP Harapan 2 Medan

7.   Poster Terbaik: SMP Negeri 38 Medan

(AM/BBSU/an)

Artikel Terpopuler