SELEKSI PEMAKALAH

Isi: 
SELEKSI PEMAKALAH
 
Makalah dalam kongres ini akan disajikan dalam tiga kategori sidang, yakni sidang pleno, gelar wicara, dan sidang kelompok. Pemakalah untuk sidang pleno dan gelar wicara merupakan pemakalah undangan yang ditentukan oleh panitia. Pemakalah untuk sidang kelompok adalah anggota masyarakat yang diseleksi berdasarkan makalah dengan ketentuan sebagai berikut.
 
1.
Makalah harus sesuai dengan subtema Kongres Bahasa Indonesia XI.
2. 
Makalah dapat berupa hasil penelitian, kajian teoretis, atau pengalaman praktis yang berkaitan dengan bahasa dan sastra (Indonesia, daerah, atau asing) serta belum pernah dipublikasikan.
3.
Calon pemakalah kongres mengisi formulir pendaftaran dan menulis makalah yang berhubungan dengan subtema KBI XI dengan ketentuan sebagai berikut.

a.  Naskah ditik dengan spasi satu di atas kertas ukuran A4 dengan huruf times new roman ukuran 12, sebanyak 13—18 halaman.
b.  Susunan penulisan makalah
(1)  Judul tidak lebih dari 15 kata
(2)  Nama penulis tanpa gelar diikuti nama dan alamat instansi serta alamt pos-el penulis
(3)  Abstrak tidak lebih dari 300 kata, memuat permasalahan dan tujuan, metode penelitian, dan hasil; ditulis dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris, dengan huruf miring (italic), jenis huruf times new roman ukuran 10
(4)  Kata kunci 3—5 kata/frasa dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris, dengan huruf miring (italic) setelah abstrak
(5)  Pendahuluan memuat latar belakang, permasalahan, tujuan, urgensi, dan tinjauan pustaka yang relevan
(6)  Landasan teori memuat teori atau acuan yang digunakan untuk menganalisis data
(7)  Pembahasan memuat hasil dan analisis data dengan mengacu pada landasan teori yang digunakan
(8)  Penutup merupakan jawaban dari permasalahan yang terdapat dalam pendahuluan
(9)  Daftar pustaka menggunakan minimal 12 acuan, 80% di antaranya berupa acuan primer yang berasal dari gagasan, teori/konsep, hasil-hasil penelitian yang diterbitkan di jurnal ilmiah, baik cetak maupun elektronik; acuan yang dirujuk merupakan hasil publikasi sepuluh tahun terakhir kecuali acuan klasik yang digunakan sebagai bahan kajian historis; daftar pustaka dan sitasi di dalam naskah mengacu pada model APA (http://www.apastyle.org)
(10)  Tabel/grafik/gambar tidak lebih dari 25% volume naskah secara keseluruhan.

4. Calon pemakalah sidang kelompok dapat mendaftar melalui badanbahasa.kemdikbud.go.id
5. Pemakalah tidak dipungut biaya pendaftaran, transportasi, konsumsi, dan akomodasi.
6. Semua pemakalah akan mendapatkan perlengkapan seminar, tetapi hanya pemakalah yang mengikuti persidangan secara penuh yang akan mendapatkan sertifikat KBI XI.
 
 
           
               
 
 
   

Artikel Terpopuler