Kamus

Isi: 

 

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia-Pusat Bahasa (Klik untuk menuju KBBI Daring)
 
2. Kamus Bahasa Indonesia untuk Pelajar
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Ba­dan Ba­hasa) telah menerbitkan Ka­mus Bahasa Indonesia untuk Pelajar.  Kamus ini dapat diman­faatkan seba­gai rujukan oleh para pelajar, baik di tingkat SLTP maupun di tingkat SLTA. Perlu dike­tahui oleh kha­layak bahwa Badan Bahasa telah menerbitkan berbagai buku ru­­juk­­­an lain yang berupa kamus, se­per­ti Kamus Besar Bahasa Indo­ne­sia yang sudah terbit sejak tahun 1988 dan Ka­mus Pelajar  untuk tingkat SD, SLTP, dan SLTA.  Ka­mus Pe­la­jar Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama dan Ka­mus Pe­la­jar Sekolah Lanjutan Tingkat Atas, yang pada ta­hun 2003 dan 2004 diterbit­kan secara terpisah, kini diterbitkan da­lam satu terbitan dengan judul Kamus Ba­ha­sa In­do­nesia untuk Pe­lajar.  Dalam hal kemu­takhir­an isi, kamus ini memuat se­ki­­tar 31.200 entri yang me­miliki fre­kuensi tinggi dalam buku pelajaran dan media massa.
 
3. Glosarium (Klik untuk menuju Glosarium Daring)

Glosarium merupakan sumber pe­ngayaan pe­nge­ta­hu­an tentang pa­dan­an istilah bidang ilmu dapat mem­perkaya per­ben­da­­hara­an pustaka kebahasaan. Sebagai rujukan, glosarium memuat kumpulan isti­lah bidang ilmu dalam bahasa asing (Inggris) sebagai entri beserta padanannya dalam ba­hasa Indo­nesia. Seperti halnya dalam penyusunan kamus, dalam penyusunan glosa­rium isti­lah bidang ilmu yang berasal dari istilah asing disusun secara alfabetis. Istilah asing itu kemudian diberi pen­jelasan berupa padanannya dalam bahasa Indonesia. Setakat ini Badan Bahasa telah menerbitkan glosarium berbagai bidang ilmu (glosarium agama, linguistik, matematika, biologi, psikologi,  dll.) dalam bentuk buku dan cakram padat (CD).

 
4. Kamus Bidang Ilmu 

Kamus Bidang Ilmu me­rupa­kan buku rujukan yang memuat se­jumlah istilah bidang ilmu yang disusun secara alfa­betis disertai dengan penjelas­annya, seperti bidang olahraga (kepelatihan), psikologi (medis dan kesehatan),  dan ilmu pangan (food science).

 
5. Kamus Dwibahasa 

Kamus Dwibahasa ini merupakan pe­nunjang dalam pengayaan pe­ngeta­hu­an tentang peristilahan umum dalam bahasa Indonesia dan bahasa lain (selain bahasa Indonesia). Pada saat ini Badan Bahasa sedang dalam proses menyusun Kamus Dwibahasa: Bahasa Inggris-Bahasa Indonesia.

 
6. Tesaurus Alfabetis

Tesaurus merupakan buku rujukan yang memuat se­jumlah kosakata dan istilah yang berelasi secara makna. Tesaurus dapat menjadi pe­nunjang dalam pengayaan pe­ngeta­hu­an tentang sinonim, antonim, hiponim, dan meronim dari kata atau istilah. Mulai tahun 2011, Badan Bahasa sedang menyusun Tesaurus Tematis. Berbeda dengan tesaurus yang telah terbit sebelumnya yang disusun berdasarkan alfabetis/abjad, tesaurus ini disusun berdasarkan gagasan atau tema sehingga disebut Tesaurus Tematis

 
Ilustrasi: