Drama Indonesia Modern Dalam Majalah Indonesia, Siasat Dan Zaman Baru (1945—1965): Analisis Tema Dan Amanat Disertai Ringkasan Dan Ulasan

Puji Santoso, Agus Sri Danardana, Zaenal Hakim

Penelitian ini mendeskripsikan data drama, ringkasan cerita, tema dan amanat, serta ulasan singkat drama yang dibicarakan dalam majalah Indonesia, Siasat, dan Zaman Baru yang terbit tahun 1945—1965.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka. Kerangka teori yang digunakan adalah teori yang bertolak pada karya sastra itu sendiri yang dikaji secara intrinsik dengan pendekatan objektif sebagaimana yang disarankan oleh Wellek dan Warren (1989).

Simpulan yang diperoleh dalam penelitian ini, antara lain (1) bentuk-bentuk drama Indonesia yang dimuat pada majalah Indonesia, Siasat, dan Zaman Baru ditampilkan pengarang beraneka ragam. Berdasarkan cara penulisannya terdapat drama biasa, drama bersajak, dan drama narasi. Berdasarkan media pertunjukannya terdapat drama baca, drama panggung, dan drama elektronik; (2) hampir seluruh cerita digali dari bumi nusantara yang mencangkup kehidupan masyarakat masa silam dan sekarang. Bahkan cerita tentang revolusi bangsa Indonesia dalam memperebutkan kemerdekaan cukup dapat perhatian yang serius dari pengarang; (3) tokoh yang ditampilkan cukup beragam, yaitu tokoh manusia masa silam, tokoh manusia masa kini, tokoh nonmanusia dari mitologi Yunani, dan tokoh manusia tampa identitas jelas; (4) masalah utama yang ditampilkan dalam drama Indonesia modern, yaitu masalah religiusitas, kemanusiaan, kejiwaan, percintaan, dan nasionalisme. Kelima masalah tersebut dijabarkan oleh pengarang dalam tema dan amanat yang dibungkus dengan ironi dan simbol-simbol.