Judul: Dimensi Notasional dalam Penafsiran Makna Karikatur Siswa SMK dilihat dari Tulisan Mereka

Penulis: Nur Azizah

Pos-el: mayanur@yahoo.com

Subjek: Kesusasteraan—Semiotik

Jenis: Tesis

Penerbit: Universitas Negeri Jakarta (belum diterbitkan)

Tahun: 2011

Abstrak

Tesis ini merupakan kajian semiotik yang dikaitkan dengan kompetensi berbahasa menulis. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dimensi notasional (denotasi, konotasi, dan anotasi) yang terdapat di dalam penafsiran makna karikatur siswa SMK, menentukan ciri-ciri jenis tulisan apakah yang terdapat di dalam tulisan hasil penafsiran karikatur oleh siswa SMK, dan untuk mengetahui keterkaitan antara dimensi notasional dalam penafsiran makna karikatur oleh siswa SMK dan ciri-ciri jenis tulisan yang terdapat di dalam tulisan yang mereka hasilkan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Cersswell (2002: 1) mendefinisikan penelitian kualitatif sebagai suatu proses penyelidikan untuk memahami masalah sosial atau masalah manusia berdasaran penciptaan gambaran holistik lengkap yang dibentuk dengan kata-kata, melaporkan pandangan informan secara terperinci, dan disusun dalam sebuah latar ilmiah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur dominan yang terdapat di dalam penafsiran makna karikatur siswa tersebut adalah unsur konotatif, sedangkan ciri jenis tulisan yang dominan terdapat di dalam tulisan mereka adalah ciri tulisan argumentasi. Ada keterkaitan antara dimensi notasional dalam penafsiran makna karikatur dengan ciri jenis tulisan yang terdapat di dalam tulisan siswa SMK tersebut. (a)