Judul: Mekanisme Penciptaan Humor dalam Wacana Humor Sunda

Penulis: Ai Kurniati

Pos-el: ai.kurniati@gmail.com

Subjek: Bahasa Sunda - Pragmatik

Jenis: Tesis

Penerbit: Universitas Padjajaran (belum diterbitkan)

Tahun: 2011

Abstrak

Tesis yang berjudul “Mekanisme Penciptaan Humor dalam Wacana Humor Sunda” ini adalah sebuah penelitian yang mengggunakan teori penciptan humor yang dikemukakan Monrro dan didukung oleh kajian pragmatik sebagai parameter pegukurnya. Teori penciptaan humor tersebut mencakup faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya efek humor dalam sebuah wacana. Faktor-faktor tersebut ada sepuluh, yakni pelanggaran terhadap sesuatu yang biasa, pelanggaran terlarang atas sesuatu atau peristiwa yang biasa; ketidaksenonohan; kemustahilan; permainan kata; bualan; kemalangan; pengetahuan-pemikiran-keahlian; penghinaan terselubung; pemasukan sesuatu ke dalam situasi lain (Monrro dalam Suganda 2005: 8; Endahwarni 1990: 46; dan Rustono 1998: 51). Kajian pragmatik sebagai kajian pendukung yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pemanfaatan prinsip-prinsip pragmatik, seperti prinsip kerja sama dan prinsip kesopanan; juga parameter pragmatik, seperti parameter jarak sosial, parameter status sosial, dan parameter kedudukan tindak ucap.

Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam pembahasannya, wacana humor Sunda yang sudah dikumpulkan, diklasifikasi berdasarkan topiknya, kemudian dianalisis berdasarkan faktor penyebab terjadinya humor.

Hasil analisis penelitian ini menemukan sepuluh jenis humor dalam wacana humor Sunda berdasarkan topiknya, yakni humor politik, humor seks, humor etnik, humor agama, humor sosial, humor kesehatan, humor pendidikan, humor olahraga, humor transportasi, dan humor binatang. Terdapat juga delapan faktor penyebab terciptanya humor dalam mekanisme penciptaan humor pada wacana humor Sunda, antara lain pelanggaran terhadap sesuatu yang biasa; pelanggaran terlarang atas sesuatu atau peristiwa yang biasa; kemustahilan; unsur permainan kata; bualan; penghinaan terselubung; pemasukan sesuatu ke dalam situasi lain; terakhir faktor permainan bunyi sebagai unsur yang unik dalam wacana humor Sunda. Berdasarkan mekanisme penciptaan humornya, wacana humor Sunda memiliki kecenderungan banyak dipengaruhi oleh faktor pelanggaran terhadap sesuatu yang biasa. (a)