Judul: Eksistensi Perempuan dalam Kumpulan Puisi Mimpi dan Pretensi Karya Toeti Heraty

Penulis: Dra. Suryami, M.Pd.

Pos-el: mimisuryami@yahoo.co.id

Subjek: Kesusastraan Indonesia - Kritik Sastra Feminisme

Jenis: Tesis

Penerbit: Universitas Negeri Jakarta (belum diterbitkan)

Tahun: 2011

Abstrak

Sebagai karya sastra, puisi adalah konstruksi yang memiliki pelbagai makna, sedangkan makna diyakini tersembunyi di balik kata-kata. Untuk menggali dan menafsirkan makna di balik kata-kata, diperlukan pengetahuan, pemahaman, dan analisis. Penelitian ini bertujuan mendeskrepsikan bentuk stereotipe perempuan dan bentuk emansipasi perempuan yang terungkap dalam puisi-puisi Mimpi dan Pretensi.

Terkait dengan puisi Toeti Heraty yang mengungkapkan eksistensi perempuan, dalam tulisan ini, analisis dilakukan dengan menggunakan teori struktural dan kritik sastra feminisme. Kritik sastra feminisme digunakan untuk memahami ide dan pemikiran feminisme, antara lain, stereotipe perempuan, dan emansipasi perempuan. Selain teori tersebut, tulisan ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis isi. Sesuai dengan prinsip-prinsip metode kualitatif dalam studi teks dan berdasarkan teori struktural serta kritik sastra feminisme, eksistensi perempuan yang tersembunyi di balik teks dapat ditafsirkan, dipahami, dan diketahui maknanya oleh pembaca.

Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa bentuk emansipasi perempuan yang terungkap dalam puisi-puisi Toeti Heraty, antara lain adalah aku lirik perempuan dan pelaku perempuan lainnya sebagai pembawa semangat emansiasi: yang bangkit dan berjuang untuk mendapatkan kedudukan yang sama dengan kaum laki-laki. Dengan demikian, terlihatlah eksistensi atau keberadaannya dalan memerankan diri yakni sebagai sosok yang punya akal dan pikiran yang jernih untuk tidak larut dalam pelegitimasian dirinya sebagai makhluk rendah dan lemah. (a)