Judul: Teks Hasil Menulis Berstimulus Teks dan Hasil Menulis Berstimulus Nonteks Dilihat dari Kohesi, Koherensi, dan Alur Wacana

Penulis: Triwulandari

Pos-el: eritriwulandari@yahoo.com

Subjek: Bahasa Indonesia—Analisis Wacana

Jenis: Tesis

Penerbit: Program Studi Linguistik, Universitas Indonesia (belum diterbitkan)

Tahun: 2011

Abstrak

Tesis ini membahas kohesi, koherensi, dan alur wacana argumentasi pada teks hasil menulis berstimulus teks dan hasil menulis berstimulus nonteks yang dibuat oleh mahasiswa semester VI Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Penelitian ini adalah penelitian yang memberikan perhatian pada bentuk dan makna teks dengan menggunakan pendekatan analisis wacana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan pengajar menulis bahasa Indonesia di perguruan tinggi dilihat dari kesesuaian kurikulum dengan studi kasus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yang memberikan perhatian pada bentuk dan makna yang terdapat pada data. Data penelitian berupa teks tugas menulis (writing task) dan teks hasil menulis (hasil dari tes menulis). Teks hasil menulis diperoleh dari tes menulis yang dilakukan terhadap mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten.

Dalam penelitian ini terdapat dua komponen data, yaitu soal tes menulis dan teks hasil menulis. Soal tes menulis dibuat oleh peneliti dengan menggunakan pedoman dimensi tes menulis Weigle. Soal tes menulis yang diberikan kepada mahasiswa akan menghasilkan teks hasil tes menulis.

Hasil penelitian ini menyarankan bahwa mahasiswa perlu diberi banyak latihan menulis dalam berbagai jenis wacana dan dengan berbagai stimulus dan topik agar kemampuan menulisnya meningkat. (a)