Judul: Undang-undang Minangkabau: Pengaruh Tasawuf dan Dinamika Hukum Adat di Bawah Pengaruh Hukum Islam (Syarak)

Penulis: Zuriati

Subjek: Kesusastraan Melayu - filologi

Jenis: Tesis

Penerbit: Program Pascasarjana, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia (belum diterbitkan)

Tahun: 2003

Abstrak

Penelitian ini mengambil naskah Undang-undang Minangkabau (UMM) sebagai objek, dengan alasan bahwa naskah UMM terdapat dalam jumlah yang sangat banyak, yaitu sekitar 83 naskah. Naskah UMM ini mengandung variasi teks (bacaan yang berbeda), yang menggambarkan tujuan-tujuan dan kepentingan-kepentingan tertentu serta memperlihatkan adanya pengaruh tasawuf dan dinamika hukum adat di bawah pengaruh hukum Islam (syarak). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menghadirkan satu suntingan teks dan disertai dengna analisis isi. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode penelitian filologi dan dibantu oleh kodikologi dan ilmu sastra, khususnya sosiologi sastra.

Perbandingan teks UMM yang dilakukan menghasilkan bahwa naskah ML 428 (H) Koleksi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jakarta, merupakan naskah yang memiliki keunggulan daripada tiga belas naskah yang lainnya, baik dari segi isi, maupun dari segi bahasa. Selain itu, naskah H mengandung teks yang tertua daripada naskah yang lainnya. Dengan demikian, teks H ini dipilih sebagai dasar suntingan, dengan menggunakan metode landasan.

Tasawuf dan hukum Islam (syarak) merupakan ‘jiwa’ dari teks UMM, yang diperkirakan lahir dari situasi sosial budaya yang agak kacau, dalam arti, perilaku adat banyak yang bertentangan dengan hukum Islam sebagai hukum adat. Dalam perjalanan hukum adat tersebut dapat dilihat adanya dua golongan, yakni kaum ulama dan kaum adat. (a)