Judul: Pemahaman Bacaan Bahasa Indonesia: Studi Korelasional Konsep Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Pemahaman Bacaan Bahasa Indonesia Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Penulis: Yunarni Siregar

Subjek: Bahasa Indonesia-Kemampuan Berbahasa

Jenis: Tesis

Tahun: 2005

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan (1) konsep belajar dengan pemahaman bacaan bahasa Indonesia; (2) kemampuan berpikir kreatif dengan pemahaman bacaan bahasa Indonesia; dan (3) konsep belajar dan kemampuan berpikir kreatif dengan pemahaman bacaan bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan teknik korelasional. Metode ini dipilih berdasarkan tujuan penelitian yang dirancang untuk memperoleh informasi mengenai status gejala yang berkaitan dengan variabel penelitian pada saat penelitian sedang berlangsung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester II Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sampel yang digunakan sebanyak 50 orang mahasiswa dengan teknik random sampling.

     Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel, yaitu konsep belajar (X1) dan berpikir kreatif (X2) sebagai variabel independen serta pemahaman bacaan bahasa Indonesia sebagai variabel dependen (Y) yang secara skematik hubungannya juga digambarkan. Penelitian ini menggunakan instrumen tes untuk memperoleh data konsep belajar, kemampuan berpikir kreatif, dan pemahaman bacaan bahasa Indonesia. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah anlisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran karakteristik masing-masing variabel yang terdiri dari skor terendah, skor tertinggi, interval data, mean, modus, median, standar deviasi, dan total skor. Analisis inferensial dimaksudkan untuk menguji tiga hipotesis yang diajukan. Analisis inferensial yang digunakan dalam penelitian ini analisis regresi sederhana dan analisis regresi jamak, serta koefisien korelasi parsial.

     Hasil penelitian yang ditemukan menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan positif konsep belajar (X1) dan pemahaman bacaan bahasa Indonesia (Y) dengan nilai ry1 = 0,907 dan persamaan regresi sebesar Y = 4,767 + 0,206X1. Koefesien determinasi menyatakan r2 = 0,822; artinya bahwa 82,2% dari pemahaman bacaan bahasa Indonesia dapat dipengaruhi oleh konsep belajar; (2) terdapat hubungan positif kemampuan berpikir kreatif (X2) dan pemahaman bacaan bahasa Indonesia (Y) dengan nilai ry2 = 0,892 dan persamaan regresi sebesar Y = 8,44 + 0,247X2. Koefesien determinasi menyatakan r2 = 0,796; artinya bahwa 79,6% dari pemahaman bacaan bahasa Indonesia dapat dipengaruhi oleh kemampuan berpikir kreatif, dan (3) terdapat hubungan positif konsep belajar dan kemampuan berpikir kreatif (X2) dengan pemahaman bacaan bahasa Indonesia (Y) dengan nilai ry12 = 0,948 dan persamaan regresi sebesar Y = 4,083 + 0,122X1 + 0,128X2. Koefesien determinasi menyatakan bahwa r2 = 0,892; artinya bahwa 89,2% dari pemahaman bacaan bahasa Indonesia dapat dipengaruhi oleh konsep belajar dan kemampuan berpikir kreatif secara bersama-sama.

     Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini menyimpulkan bahwa pemahaman bacaan bahasa Indonesia dapat ditingkatkan melalui upaya peningkatan konsep belajar dan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa, di samping faktor-faktor lain yang telah terbukti memberikan kontribusinya bagi peningkatan pemahaman bacaan bahasa Indonesia. (aloy)