Judul: Pembelajaran Menulis Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar: Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas VI SDN Cipinang Cempedak 02 Pagi Jakarta Timur

Penulis: Sri Winarti

Subjek: Bahasa Indonesia-Pembelajaran

Jenis: Tesis

Tahun: 2007

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran menulis bahasa Indonesia di sekolah dasar serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Tempat penelitian adalah SDN Cipinang Cempedak 02 Pagi, Jakarta Timur, yang berlokasi di daerah Kebon Nanas, tepatnya di jalan Otista III, Kecamatan Jatinegara, jakarta Timur. Waktu penelitian bertepatan dengan semester satu tahun ajaran 2006—2007. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Alasan peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi adalah karena kajian atau telaah yang dilakukan peneliti terhadap perilaku manusia sangat beragam, seperti memperhatikan dan melihat cara guru mengajar, perilaku siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung, cara guru mengorganisasi kelas, cara guru menstransfer materi pelajaran sehingga tujuan pembelajaran tercapai.

     Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan atau observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dengan demikian, data dalam penelitian ini adalah berupa catatan lapangan, transkrip hasil wawancara, dan dokumen-dokumen.  Data yang sudah terkumpul disusun dan dikelompokkan berdasarkan jenisnya, yaitu data yang berupa catatan lapangan, transkrip hasil wawancara, dan dokumen-dokumen. Setelah itu, dilakukan analisis data dengan mengikuti model analisis data Spradley. Ada empat tahap analisis data dalam penelitian ini, yaitu analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponen, dan analisis tema.

     Dalam penelitian ini ditemukan beberapa hal yang berkaitan dengan proses pembelajaran menu;is bahasa Indonesia di sekolah dasar. Temuan-temuan penelitian itu dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, tujuan pembelajaran menulis bahasa Indonesia di sekolah dasar adalah agar siswa memiliki ketrampilan menul;is atau mengarang bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah, baik struktur maupun ejaan. Kedua, materi ajar atau buku acuan yang digunakan dalam pembelajaran menulis bahasa Indonesia disesuaikan dengan kurikulum tahun 2004, yaitu Kurikulum Berbasis Kompetensi dan juga berdasarkanhasil rapat guru-guru dan kepala sekolah. Ada dua buku acuan yang digunakan di sekolah itu, yaitu buku pokok atau buku wajib dan buku tambahan yang merupakan buku lembar  kerja siswa.  Sebagai buku pokok adalah buku Bina Bahasa dan Sastra Indonesia Jilid enam untuk kelas VI sekolah dasar dan buku tambahan adalah buku Ekspresi Bahasa Indonesia untuk kelas enam sekolah dasar.

     Ketiga, Metode yang digunakan dalam pembelajaran menulis bahasa Indonesia pada siswa Kelas VI SDN Cipinang Cempedak 02 Pagi adalah metode ceramah. Di samping metode ceramah, guru juga menggunakan metode tanya jawab, baik pertanyaan dari guru kepada siswa maupun pertanyaan dari siswa kepada guru, dan pemberian tugas-tugas atau pelatihan.

     Keempat, peran guru dalam pembelajaran menulis bahasa Indonesia adalah sebagai pengajar, pendidk, pembimbing, fasilitator, pemberi motivasi, dan penilai, sedangkan peran siswa adalah harus aktif dalam kegiatan pembelajaran. Kelima, faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran menulis bahasa Indonesia dapat dikelompokkan atas dua, yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Keenam, evaluasi dalam pembelajaran menulis bahasa Indonesiadapat dikelompokkan atas dua, yaitu evaluasi proses, selam kegiatan pembelajaran berlangsung dan evaluasi hasil proses, yang berupa ujian-ujian. Di samping itu, dalam penelitian ini juga ditemukan beberapa tema budaya dalam  kegiatan pembelajaran menulis bahasa Indonesia. (aloy)