Judul: Keterampilan Mahasiswa dalam Menulis Karya Ilmiah: Survei di Universitas Sebelas Maret dan Universitas Negeri Semarang Jawa Tengah

Penulis: Sarwiji Suwandi

Subjek: Keterampilan Menulis

Jenis: Disertasi

Tahun: 2000

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan penalaran verbal, pemahaman pemilihan kata, dan kemampuan penggunaan peranti kohesi, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama dengan keterampilan menulis karya ilmiah. Populasi penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan  Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Sebelas Maret dan Universitas Negeri Semarang Jawa Tengah. Sampel penelitian berjumlah 50 mahasiswa yang diambil dengan teknik purposive random sampling.

     Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survai. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen yang berupa tes. Analisis uji coba menunjukkan bahwa tes-tes yang digunakan dalam penelitian ini reliabel. Data dianalisis dengan menggunakan teknik regrsi dan korelasi sederhana, regresi dan korelasi ganda. Serta korelasi parsial. Berikut ini dikemukakan hasil analisis tersebut.

     Pertama, terdapat hubungan positif antara kemampuan penalaran verbal dan keterampilan menulis karya ilmiah. Kedua, terdapat hubungan positif antara pemahaman pemilihan kata dan keterampilan menulis karya ilmiah. Ketiga, terdapat hubungan positif antara kemampuan penggunaan peranti kohesi dan keterampilan menulis karya ilmiah. Keempat, terdapat hubungan positif kemampuan penalaran verbal, pemahaman pemilihan kata, dan kemampuan penggunaan peranti kohesi dengan keterampilan menuliskarya ilmiah. Implikasi hasil penelitian di atas adalah perlu  ada upaya peningkatan kemampuan penalaran verbal, pemahaman pemilihan kata, dan kemampuan penggunaan peranti kohesi –baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama—untuk meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah. Upaya peningkatan kemampuan penalaran verbal dapat dilakukan dengan cara  meningkatkan kemampuan  mahasiswa dalam (1) menilai kebenaran proposis, (2) menguji kebenaran data, (3) menyusun dan mengembangkan paragraf dengan penalaran deduktif, induktif, maupun gabungan keduanya, dan (4) menganalisis dan membetulkan salah nalar yang terdapat dalam karangan.

     Upaya yang dilakukan untuk  meningkatkan pemahaman pemilihan kata dalam mengembangkan keterampilan menulis karya ilmiah adalah (1) memperluas kosakata mahasiswa, (2) meningkatkan keaktifan  pemakaian kata, (3) meningkatkan pemahaman dan penggunaan idiom, (4) meningkatkan pemahaman dan penggunaan majas, (5) meningkatkan pemahaman dan penggunaan istilah, dan (6) meningkatkan pemahaman dan penggunaan kata-kata mutakhir.  Peningkatan kemampuan penggunaan peranti kohesi dapat dilakukan melalui (1) peningkatan pemahaman mahasiswa tentang arti pentingnya peranti kohesi  dalam wacana; (2) peningkatan kemampuan mahasiswa dalam penggunaan berbagai peranti kohesi melalui kegiatan menganalisis pemakaian kohesi dan menerapkan peranti kohesi dalam kegiatan mengarang.  Pengembangan kemampuan penalaran verbal, pemahaman pemilihan kata, dan kemampuan pengguanaan peranti kohesi dalam upaya meningkatkan keterempilan menulis karya ilmiah tersebut dilakukan secara terpadu melalui pengajaran menulis. (aloy)