Judul: Keterampilan Menulis Komposisi: Studi Korelasi Kemampuan Analisis Teks dan Motivasi Menulis dengan Keterampialn Menulis Komposisi di SMU Katolik St. Thomas 1 Medan Tahun Ajaran 2001/2002

Penulis: Parlindungan Manurung

Subjek: Keterampilan Menulis

Jenis: Tesis

Tahun: 2002

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan kemampuan analisis Teks  dengan keterampilan menulis komposisi, (2) hubungan motivasi menulis dengan keterampilan menulis komposisi, dan (3) hubungan kemampuan analisis teks dan motivasi menulis secara bersama-sama dengan keterampilan menulis komposisi. Penelitian ini dilaksanakan di SMU Katolik St. Thomas 1 Medan dengan menggunakan metode survei. Sementara populasi penelitian adalah semua siswa kelas II tahun ajaran 2001/2002 dengan sampel sebanyak 50 orang yang diambil secara acak sederhana. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen tes dan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.

     Selanjutnya, data penelitian ini dianalisis dengan statistik regresi dan korelasi sederhana, regresi dan korelasi ganda, dan korelasi parsil. Sementara itu, semua hipotesis diuji pada derajat kebebasan 5%. Penelitian ini menghasilkan hal-hal sebagai berikut. (1) terdapat korelasi positif kemampuan analisis teks dengan keterampilan menulis komposisi, (2) terdapat korelasi positif motivasi menulis dengan keterampilan menulis komposisi, dan (3) terdapat korelasi positif kemampuan analisis teks dan motivasi menulis secara bersama-sama dengan keterampilan menulis komposisi. Dengan memperhatikan hasil temuan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis komposisi dapat dikembangkan melalui perbaikan daan peningkatan kemampuan analisis teks dan motivasi menulis baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. (aloy)