Judul: Hubungan Minat Belajar Bahasa Indonesia dan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Kalimat Efeltif Bahasa Indonesia: Survei pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Perwira Jakarta

Penulis: Muhammad Kamal

Subjek: Keterampilan Menulis

Jenis: Tesis

Tahun: 2005

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat belajar bahasa Indonesia  dan penguasaan kosakata, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan keterampilan menulis kalimat efektif bahasa Indonesia. Siswa SMK Perwira Jakarta menjadi populasi dalam penelitian ini. Sampel penelitian berjumlah 91 siswa diambil secara acak dari empat kelas pada dua jurusan. Data penelitian dijaring dengan menggunakan instrumen yang berbentuk angket dan tes. Angket digunakan untuk variabel minat belajar bahasa Indonesia, dan tes dipakai untuk variabel penguasaan kosakata dan keterampilan menulis kalimat efektif bahasa Indonesia. Uji coba instrumen menghasilkan koefisien reliabilitas minat belajar bahasa Indonesia sebesar 0,91; penguasaan kosakata sebesar 0.83; dan keterampilan menulis kalimat efektif sebesar 0,85. Data penelitian dianalaisis dengan menggunakan teknik regresi dan korelasi sederhana, regresi, korelasi jamak, dan korelasi parsial.

     Hasil analisis menunjukkan bahwa pertama, terdapat hubungan positif minat belajar bahasa Indonesia dan keterampilan menulis kalimat efektif bahasa Indonesia, dengan koefisien  korelasi ry1 = 0,454, dan persamaan regresi Y = -2,771 + 0,120 X1; kedua, terdapat hubungan positif penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis kalimat efektif bahasa Indonesia, dengan koefisien  korelasi ry2 = 0,491, dan persamaan regresi Y = 21,182 + 0,449 X2; dan ketiga, terdapat hubungan positif antara minat belajar bahasa Indonesia dan penguasaan kosakata secara bersama-sama dengan keterampilan menulis kalimat efektif bahasa Indonesia, dengan koefisien korelasi jamak Ry12 = 0,595 dan persamaan regresi jamak Y= -3,81 + 0,09 X1 + 0,37 X2.

     Penelitian ini berimplikasi pada peningkatan keterampilan menulis kalimat efektif bahasa Indonesia yang diupayakan melalui peningkatan minat belajar bahasa Indonesia dan penguasaan kosakata.

     Upaya meningkatkan minat belajar bahasa Indonesia dapat dilakukan dengan cara (1) menumbuhkan kesadaran kepada siswa akan pentingnya mempelajari bahasa Indonesia, (2) guru dapat memposisikan dirinya sebagai teman belajar yang baik bagi siswanya, (3) menemukan penyebab rendahnya minat belajar dan mencari pemecahannya, (4) menumbuhkan semangat berkompetisi dalam belajar, dan (5) menciptakan suasana kehidupan keluarga yang kondusif untuk kegiatan belajar putera dan puterinya di rumah. Upaya meningkatkan penguasaan kosakata dapat dilakukan dengan cara (1) guru membuat program pengajaran kosakata dengan target pencapaian tertentu, dengan menggunakan metode, teknik, dan pendekatan yang tepat; (2) memberikan pemahaman kepada siswa untuk menggunakan kata-kata yang sesuai dengan konteks saat komunikasi berlangsung; (3) menyisipi materi kosakata saat memberikan materi pelajaran yang lain, apakah guru menemukan kosakata baru yang belum dipahami siswa; (4) secara intensif, guru memberikan latihan-latihan kosakata, baik dalam pelajaran menulis maupun berbicara; dan (5) sekolah melengkapi perpustakaannya dengan buku-buku bacaan yang menarik dengan beragam. (aloy)