Judul: Pendekatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Komunikatif di SMA Negeri 3 Kota Metro Lampung

Penulis: Nasir

Subjek: Bahasa Indonesia-Pengajaran

Jenis: Disertasi

Tahun: 2007

Abstrak

Pendekatan komunikatif memandang bahwa belajar bahasa sebagai belajar berkomunikasi, sehingga kegiatan pembelajaran berfokus pada pembinaan kemampuan untuk menggunakan bahasa. Jadi, bukan hanya mengacu pada teori komunikatif yang menyatakan bahwa pendekatan komunikatif lebih mengutamakan kelancaran berkomunikasi, dan ketepatan pengucapan serta perbaikan struktur yang dilakukan sambil berjalan. Pendekatan komunikatif lebih memntingkan penggunaan bahasa daripada kepemilikan pengetahuan mengenai bahasa.

     Masalah yang akan dikaji adalah belum efektifnya pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah sehingga diperlukan konsep penerapan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran bahasa. Penelitian bertujuan pertama, untuk membuktikan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia memiliki prinsip-prinsip khusus. Kedua, untuk menyatakan bahwa pendekatan komunikatif sebagai pendekatan yang efektif untuk mengajarkan bahasa Indonesia. Ketiga, untuk menegaskan penggunaan ragam bahasa dalam pembelajaran bahasa komunikatif dan keempat, untuk menemukan beberapa solusi terhadap kendala dalam penggunaan pendekatan komunikatif.

     Penelitian ini dilakukan pada SMA Negeri 3 di Kota Matro Lampung dengan informan yang terdiri dari kepala sekolah, seluruh pendidik mata pelajaran bahasa Indonesia sebanyak 6 orang, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, serta peserta didik sebanyak 257 orang yang ditentukan dengan teknik purpose sampling. Penelitian dilaksanakan mulia bulan Maret 2003 sampai dengan terpenuhinya data yang diperlukan. Desain penelitian ini menggunakan metode naturalistic inquiry yang mengkaji efektifitas pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah, sedangkan untuk mengumpulkan dan menganalisis data digunakan teori Minichiello (1990) dengan teknik “in-Depth interviewing” (I-DI); wawancara secara mendalam, observasi, rekaman, dan studi dokumenter. Selanjutnya, data analisis dengan tiga kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik simpulan. Untuk langkah terakhir dilakukan pengecekan keabsahan data (triangulasi) sehingga data yang diperoleh lebih valid.

     Dari hasil penelitian ditemukan 1) terbukti bahwa pembelajaran bahasa Indonesia memiliki prinsip-prinsip pembelajaran khusus, 2) ternyata pendekatan  komunikatif efektif untuk mengajarkan bahasa Indonesia karena menekankan kepada penggunaan bahasa, 3) terdapat beberapa ragam bahasa, 4) ditemukan beberapa strategi dalam menggunakan pendekatan pembelajaran bahasa komunikatif. (aloy)