Judul: Hubungan Penguasaan Gramatikal dan Motivasi Belajar Siswa dengan Pemahaman Bacaan Bahasa Indonesia: Survei di SMP Negeri 26 Jakarta Timur

Penulis: Ganda Tambunan

Subjek: Bahasa Indonesia-Pengajaran

Jenis: Tesis

Tahun: 2009

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan gramatikal dengan pemahaman bacaan bahasa Indonesia, motivasi belajar siswa dengan pemahaman bacaan bahasa Indonesia, dan penguasaan gramatikal, motivasi belajar siswa dengan pemahaman bacaan bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 26 Jakarta Timur. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas 1, 2, dan 3 SMPN 26 Jakarta Timur. Jumlah anak yang dipakai 50 orang dengan random sampling.

Penelitian ini menggunakan instrumen tes untuk memperoleh data  penguasaan gramtikal, motivasi belajar siswa dan pemahaman bacaan bahasa Indonesia. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Analisis deskriptif dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran karakteristik semua variabel dan skor minimum, skor maksimum, interval data, mean, modus, median, standar derivasi dan total skor. Dalam penelitian ini digunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi jamak serta koefisien korelasi parsial.

Hasil penelitian yang ditemukan menujukkan bahwa (1) terdapt hubungan positif antara penguasaan grmatikal (X1) dan pemahaman bacaan bahasa Indonesia (Y) dengan ry1 = 0,892 dan persamaan regresi Y = 8,44 + 0,247X1,  koefisien determinasi menyatakan r2 = 0,796; artinya bahwa 79,6%  dari pemahaman bacaan bahasa Indonesia dapat dipengaruhi oleh penguasaan gramatikal; (2) terdapat hubungan positif antara motivasi belajar siswa (X2) dan pemahaman bacaan bahasa Indonesia (Y) dengan ry2 = 0,907 persamaan regresi Y = 4,767 + 0,206X2. Koefisien determinasi menyatakan bahwa r2 = 0,822: artinya bahwa 82,2% dari pemahaman bacaan bahasa Indonesia dapat dipengaruhi oleh motivasi belajar siswa; (3) terdapat hubungan positif antara penguasaan gramatikal, motivasi belajar dan pemahaman bacaan bahasa Indonesia secara bersama-sama dengan nilai ry12 = 0,948 dan persamaan regresi sebesar Y = 4,083 + 0,122 X1 + 0,128 X2. Koefisien determinasi menyatakan bahwa r2 = 0,892: artinya bahwa 89,2% dari pemahaman bacaan bahasa Indonesia dapat dipengaruhi oleh penguasaan gramatikal dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama; (4) berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini disimpulkan bahwa pemahaman bacaan bahasa Indonesia dapat ditingkatkan melalui upaya peningkatan dalam bidang penguasaan gramatikal dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama di samping faktor-faktor lainnya yang sudah terbukti memberikan kontribusinya dalam peningkatan pemahaman bacaan bahasa Indonesia.