Judul: Adaptasi Film Biola Tak Berdawai Ke dalam Novel: Kajian Perbandingan

Penulis: Firman Hadiansyah

Subjek: Sastra Perbandingan

Jenis: Tesis

Tahun: 2006

Abstrak

Adaptasi film ke dalam novel atau sebaliknya selalu menimbulkan perubahan sebagai akibat perbedaan media dan hasil interpretasi penulis dan sutradara. Penelitian ini bertujuan memperlihatkan sejumlah persamaan dan perbedaan mendasar yang dihasilkan oleh adaptasi dari film ke dalam novel Biola Tak Berdawai dilihat dari unsur penceritaan.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan strukturalisme yang memfokuskan unsur intrinsik yang terdapat dalam film dan novel Biola Tak Berdawai. Unsur film dan novel yang dianalisis dan dibandingkan adalah alur penyiapan, alur sebab akibat, tokoh dan penokohan, serta latar ruang dan  latar waktu.

            Hasil analisis film dan novel Biola Tak Berdawai terhadap unsur tersebut menunjukkan persamaan dan perbedaan. Cerita dalam film dan novel pada dasarnya sama, tetapi menjadi terkesan berbeda ketika Dewa dijadikan penutur di dalam novel.  Tokoh Dewa menjadi serba tahu dan mampu menuturkan dengan fasih mengenai kejadian yang ada di sekelilingnya. Padahal, dalam film tokoh Dewa digambarkan sebagai anak yang sulit berkomnikasi dengan orang lain karena penyakit autis dan cacat ganda. Dengan demikian, tokoh utama dalam bovel tidak hanya Renjani, tetapi juga Dewa. Perbedaannya lainnya terletak pada kemunculan cerita perwayangan di dalam novel. Selain itu, juga terdapat penambahan dan penghilangan beberapa cerita. Semua perbedaan tersebut menunjukkan  adanya perbedaan interpretasi novel atas cerita film Biola Tak Berdawai.  

            Dalam hal penyajian alur, alur sebab akibat antara film dan novel tidak menunjukkan perbedaan. Dari awal hingga akhir cerita, novel adaptasi tetap sama dengan film sebagai cerita pertama, begitu pula dengan latar ruang dan waktu. (LS)