Judul: Roro Mendut Karya Y.B. Mangunwijaya dan Serat Pranacitra Sebuah Transformasi Kesastraan

Penulis: Amyrna Leandra Saleh

Subjek: Sastra Bandingan

Jenis: Tesis

Tahun: 2004

Abstrak

Novel Roro Mendut karya Y.B. Mangunwijaya merupakan novel yang ditulis berdasarkan sebuah cerita klasi Jawa berjudul Serat Pranacitra. Namun, dalam novel itu banyak dilakukan pengembangan dan modifikasi. Hal itu berarti juga bahwa novel Roro Mendut mempunyai hubungan tekstual dengan Serat Pranacitra.

       Penelitian ini bertujuan menjelkaskan proses transformasi, yaitu dengan melihat perbedaan atau perubahan, yang muncul dalam transformasi atas teks Serat Pranacitra. Karena menyangku masalah intertekstualitas, penelitian ini akan menggunakan teori intertekstualitas  seperti yang dikemukakan oleh Michael Riffaterre  bahwa karya sastra (sajak)  baru bermakna penuh dalam hubungannya atau dalam pertentangan dengan karya (sajak) yang lain. Untuk penelitian awal, akan dilakukan analisis struktural dengan memperhatikan hubungan timbal balik  di antara unsur dalam struktur Roro Mendut dan antara unsur dan keseluruhan novel. Melalui analisis struktural, akan diperoleh esensi karya itu, kemudian dilakukan perbandingan secara intertekstualitas untuk memeroleh pemahaman yang lengkap.

       Hasil analisis menyimpulkan bahwa novel Roro Mendut bukan merupakan sekadar suatu penulisan ulang atas teks Serat Pranacitra karena banyak dilakukan pengembangan dan modifikasi cerita oleh pengarangnya. Alur bergerak mengikuti kisah Roro Mendut. Hal tersebut merupakan modifikasi balur teks Serat Pranacitra yang bergerak mengikuti perjalanan kisah cinta tokoh Pranacitra dengan Roro Mendut.

       Dalam penyajian tokohnya dalam Roro Mendut, pengarang juga melakukan pengembangan dan modifikasi. Tokoh utama dalam Roro Mendut,  yaitu Roro Mendut  dan Tumenggung Wiraguna, banyak diungkapkan perasaan batinnya. Pengungkapan batin itu menjelaskan latar belakang atau alasan watak dan sikap mereka sehingga pembaca memperoleh kesan yang berbeda dengan penyajian tokoh Roro Mendut dengan Tumenggung Wiraguno dalam Serat Pranacitra.

       Dalam modifikasi dan pengembangan yang dilakukan terhadap tokoh Roro Mendut, dalam novel Roro Mendut, tokoh Roro Mendut merupakan tokoh sentral. Semua permasalahan yang timbul dalam novel Roro Mendut bersumber pada tokoh Roro Mendut. Hal itu berbeda dengan tokoh dalam Serat Pranacitra.  Dalam teks Serat Pranacitra, tokoh Pranacitra merupakan pusat perhatian dari keseluruhan tokoh yang ditampilkan.  

     Latar dalam Roro Mendut merupakan modifikasi yang dilakukan pengarang untuk mendukung pusat perhatian pada masalah kemerdekaan dan kebebasan yang diperjuangkan oleh Roro Mendut. (LS)