Judul: Relasi Historis Bahasa dan Dialek Melayu di Sumatera Selatan: Sebuah Kajian Linguistik Historis Komparatif

Penulis: Joni Endardi

Subjek: Linguistik Komparatif

Jenis: Disertasi

Tahun: 2013

Abstrak

Relasi historis bahasa dan dialek Melayu di Smatera Selatan merupakan tulisan mengenai pemaparan hububgan kekerabatan bahasa dan Melayu di Sumatera Selatan dan sekitarnya. Tulisan ini akan menjawabserta mengisi kerumpangan tulisan bahasa dan dialek Melayu terdahulu. Kajian bahasa dan dialek Melayu telah banyak banyak dilakukan peneliti semenjak Voerhoeve (1955), Adelaar (1996), dan SIL (2001) yang memunculkan istilah Melayu Tengahan untuk menyebut bahasa Serawi dan Besemah. Tulisan ini diharapkan dapat dan mampu menjawab  hubungan kesejarahan bahasa dan dialek Melayu di Sumatera Selatan.

         Metode penulisan ini menggunakan pendekatan linguistik historis komparatif. Pendekatan itu mampu menjawab tulisan relasi historis bahasa dan dialek Melayu di Sumatera. Teknik perolehan data dilakukan dengan pupuan lapangan dengan memanfaatkan daftar pertanyaan yang telah dipersiapkan serta dilakukan dengan cara simak libat cakap.

        Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi dengan adanya temuan baru, seperti (1) ditemukannya konsep kelompok bahasa Melayu PP (Palembang-Panesak) yang dalam penelitian terdahulu belum terungkap, (2) ditemukannya kelompok bahasa Melayu BSS (Besemah-Semende-Serawai), (3) ditemukannya kelompok bahasa mandiri, yaitu bahasa Melayu KK (Kayu Agung-Komering) yang lebih dekat kekerabatannya dengan bahasa Lampung, dan (4) ditemukannya bukti yang signifikan bahwa bahasa Melayu Sumatera Selatan berbeda denganb bahasa Melayu Minangkabau, baik melalui bukti fonologis maupun leksikon.

          Simpulan penelitian ini adalah bahwa relasi histori bahasa dan dialek Melayu di Sumatera Selatan menemukan empat temuan yang signifikan. Temuan tersebut memberikan nuansa baru dalam kajian bahasa Melayu di Indonesia dan menunjukkan bahwa bahasa dan dilaek Melayu di Sumatera Selatan memiliki hubungan kekerabatan yang erat antara satu dan yang lain. (LS)