Judul: Pemahaman Bacaan Bahasa Inggris: Hubungan Antara Persepsi Siswa tentang Kemampuan Guru Mengelola Kelas dan Penguasaan Kosakata dengan Pemahaman Bacaan Bahasa Inggris Siswa SMUN 55 Jakarta Selatan

Penulis: Holilah

Subjek: Kemampuan Bahasa

Jenis: Tesis

Tahun: 2004

Abstrak

Salah satu bagian dari kemampuan membaca adalah kemampuan memahami bacaan. Ruang lingkup peneliotian ini akan difokuskan pada pemahaman bacaan bahasa Inggris. Isi tesis ini mengkaji kemampuan berbahasa siswa SMUN 55 Duren Tiga Jakarta Selatan.Kualitas pemahaman bacaan siswa masih dirasakan belum memenuhi harapan karena siswa mampu membaca, tetapi tidak memahami informasi yang dibacanya. Masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan dengan pertanyaan 1) Apakah terdapat hubungan persepsi siswa tentang kemampuan guru mengelola kelas dengan pemahaman bacaan bahasa Inggris; 2) Apakah terdapat hubungan penguasaan kosakata bahasa Inggris dengan pemahaman bacaan bahasa Inggris; dan 3) Apakah terdapat hubungan persepsi siswa tentang kemampuan guru mengelola kelas dan penguasaan kosakata bahasa Inggris dengan pemahaman bacaan bahasa Inggris.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang kemampuan guru mengelola kelas dan penguasaan kosakata dengan pemahaman bahasa Inggris baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik korelasional dan regresi (digunakan untuk mengetahui: a) Hubungan antara pasangan skor variabel persepsi siswa tentang kemampuan guru meneglola kelas (X1) dengan skor variabel pemahaman bacaan bahasa Inggris (Y); b) Hubungan pasangan skor variabel penguasaan kosakata bahasa Inggris (X2); dan c) Hubungan antara pasangan skor variabel persepsi siswa tentang kemampuan guru mengelola kelas (X1) dan pasangan skor variabel pemahaman bacaan bahasa Inggris (Y).

Penelitian dilaksanakan di SMUN 55 Jakarta Selatan (kelas II berjumlah 60 orang). Teknik pengumpulan data diambil dari data tentang pemahaman bacaan bahasa Inggris, data tentang persepsi siswa tentang kemampuan guru mengelola kelas, dan data tentang penguasaan kosakata bahasa Inggris.Teknik pengumpulan data pemahaman bacaan bahasa Inggris dan data penguasaan kosakata diambil dari tes tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda, sedangkan data persepsi siswa tentang kemampuan guru mengelola kelas diperoleh melalui kuesioner.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif (digunakan untuk melakukan perhitungan terhadap harga rata-rata hitung, median, modus dan standar deviasi dari skor (Y), (X1), dan (X2) dan analisis statistik inferensial (digunakan untuk melakukan perhitungan dan pengujian hipotesis, serta untuk kepentingan dan generalisasi hasil penelitian. Penelitian ini menghasilkan temuan yang mencakup (1) hubungan positif antara persepsi siswa tentang kemampuan guru mengelola kelas (X1) dengan pemahaman bacaan bahasa Inggris (Y) dengan koefisien korelasi ry1=0,752 melalui persamaan regresi Y= 1,748+0,283 X1; (2) terdapat hubungan positif antara penguasaan kosakata (X2) dengan pemahaman bacaan bahasa Inggris (Y) dengan koefisien korelasi ry2=0,839 melalui persamaan regresi Y=4,393+0,809 X2; (3) terdapat hubungan positif antara persepsi siswa tentang kemampuan guru mengelola kelas (X1) dan penguasaan kosakata (X2) secara bersama-sama dengan pemahaman bacaan bahasa Inggris (Y) dengan koefisien korelasi ganda1 y12 =0,852. (RDH)