Judul: Analisis Stilistika Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata

Penulis: Eko Marini

Subjek: Stilistika

Jenis: Tesis

Tahun: 2010

Abstrak

Tesis ini bertujuan untuk meneliti aspek khusus pemakaian bahasa dalam karya sastra, seperti kekhasan dalam pemanfaatan bunyi-bunyi bahasa (rima dan ritma), aspek morfologis, diksi, pemakaian bahasa figuratif (majas) dan pengimajian kata (Edi Subroto dkk, 1997:2). Stilistika juga merupakan sesuatu yang menjadi objek kajian penelitian, artinya di dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata ada potensi-potensi bahasa yang diolah dan dimanfaatkan oleh pengarang untuk keperluan ekspresi estetik. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Mendeskripsikan keunikan pemilihan dan pemakaian kosakata dalam Laskar Pelangi karya Andrea Hirata; 2) Mendeskripsikan kekhususan aspek morfologis dan sintaksis dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. 3) Mendeskripsikan pemakaian gaya bahasa figurative yang meliputi: (a) idiom, (b) arti kiasan, (c) konotasi, (d) metafora, (e) metonimia, (f) simile, (g) personifikasi, dan (h) hiperbola yang terdapat dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.

Berdasarkan jenisnya, penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif bertujuan untuk mengungkapkan berbagai informasi kualitatif dengan pendeskripsian yang teliti dan penuh nuansa untuk menggambarkan secara cermat sifat-sifat suatu hal, keadaan, gejala, atau fenomena yang lebih berharga hanya pemyataan dalam bentuk angka-angka dan tidak terbatas pada pengumpulan data melainkan meliputi analisis dan interpretasi data. Pemilihan jenis penelitian kualitatif deskriptif ini disesuaikan dengan permasalahan yang dibahas dan tujuan penelitian. Untuk membahas permasalahan dan mencapai tujuan penelitian, penelitian kualitatif deskriptif menggunakan strategi berpikir fenomenologis yang bersifat lentur dan terbuka serta menekankan analisisnya secara induktif dengan meletakkan data penelitian bukan sebagai alat pembuktian, tetapi sebagai modal dasar untuk memaharni fakta-fakta yang ada. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Novel Laskar Pelangi diterbitkan oleh Penerbit Bentang Pustaka, Yogyakarta, 2008. Cetakan ke dua puluh, xviii, 534 hlm.

Keunikan atau kekhasan pemakaian bahasa pada novel Laskar Pelangi dilatarbelakangi oleh faktor sosial dan pendidikan penulis yang diungkapkan melalui deskripsi ceritanya. Adapun keunikan pemilihan dan pemakaian kosakata yaitu tampak pada (1) pemilihan dan pemakaian leksikon bahasa asing, (2) pemilihan dan pemakaian leksikon bahasa Jawa, (3) pemilihan dan pemakaian leksikon ilmu pengetahuan, (4) pemilihan dan pemakaian kata sapaan, (5) pemilihan dan pemakaian kata konotasi pada judul. Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata mampu menonjolkan keunikan pemilihan dan pemakaian kosakata yang spesifik dan lain dari yang lain.

Hal itu menghasilkan style tersendiri yang menjadi cirri khusus Andrea Hirata dalam menuangkan gagasan melalui karya sastranya. Kekhususan aspek morfologis dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata yaitu pada penggunaan afiksasi pada leksikon bahasa Jawa dan bahasa Inggris dan reduplikasi dalam bahasa Jawa. Aspek sintaksis yaitu pemakaian repetisi, pemakaian kalimat majemuk dan pemakaian kalimat inversi.

Pemakaian gaya bahasa figuratif pada novel Laskar Pelangi membuat pengungkapan maksud menjadi lebih menggunakan, lebih hldup, lebih jelas, dan lebih menarik. Beberapa bahasa figuratif yang terdapat dalam pembahasan novel Laskar Pelangi yaitu idiom, arti kiasan, konotasi, metafora, metonimia, simile, personifikasi, dan hiperbola. Penggunaan idiom ada 45 data, arti kiasan ada 33 data, konotasi ada 56 data, metafora ada 24 data, metonimia ada 15 data, simile 54 data dengan kata pembanding seperti, seumpama, laksana, selayaknya, personifikasi 8 data dan hiperbola 25 data. (ALOY)