Judul: Studi Kasus Perubahan Kosakata Sunda Kabupaten Bogor

Penulis: Kartika

Subjek: Kosakata

Jenis: Tesis

Tahun: 2010

Abstrak

Tesis ini memaparkan masalah perubahan kosakata Sunda di kabupaten Bogor. Perubahan bahasa terjadi secara perlahan-Iahan melalui proses yang sangat panjang. Penelitian ini akan membahas dua masalah utama, yaitu 1) Jenis perubahan apa yang terjadi pada bahasa Sunda Kabupaten Bogar dalam kurun waktu 28 tahun setelah penelitian Suriamihardja (1981)7; dan 2) Adakah perubahan distribusi geografis pada bahasa Sunda Kabupaten Bogor.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan jenis-jenis perubahan yang ditemukan pada tataran leksikal (kosakata yang bertahan di titik pengamatan, kosakata yang bertahan dengan perubahan pelafalan di titik pengamatan, kosakata yang hilang di titik pengamatan, dan kosakata yang tumbuh di titik pengamatan) dan untuk mendeskripsikan perubahan sebaran geografis bahasa Sunda di wilayah Kabupaten Bogor. Metodologi penelitian ini akan menggunakan ancangan kualitatif (untuk melihat jenis perubahan pada tataran leksikal di seluruh titik pengamatan) dan ancangan kuantitatif (untuk memperoleh hasil perhitungan dialektometri untuk mengetahui jarak kosakata antartitik pengamatan).

Sumber data adalah data penelitian bahasa Sundadi kabupaten Bogor yang dihimpun tahun 2009 dari titik pengamatan yang sama denganyang dihimpun oleh Suriamihardja tahun 1981. Data dikumpulkan melalui metode pencatatan langsung dengan teknik cakapan terarah, tanyaan langsung, tanyaan tak langsung, pancinganjawaban, serta tanyaan dan jawaban berganda. Informan dalam penelitian ini sebanyak 21 orang terdiri atas laki-Iaki dan perempuan dengan usia sekitar38-65 tahun dan dengan pendidikan terendah tidak sekolah, sedangkan pendidikan tertinggi adalah sekolah menengah atas di dua puluh titik pengamatan. Anallsis data dengan mengklasifikasikan, membandingkan data tahun 1981dengan data tahun 2009, dan menganalisisnya. Pengolahan data melalui perbandingan berkas isoglos dan perbandingan perhitungan dialektometri. Kosakata yang diteliti sebanyak 169 kosakata Sundadari penelitian Suriamihardja di Kabupaten Bogor tahun 1981 dan 169 kosakata Sunda yang dikumpulkan tahun 2009.

 Penelitian ini menunjukkan perubahan kosakata Sunda berdasarkan perubahan leksikal, pengelompokan medan makna, dan jumlah etimon. Jenis perubahan yang dominan adalah perubahan leksikal yang disertai perubahan sebaran geografis. Titik pengamatan yang paling banyak berubah berada di sebelah utara dan titik pengamatan yang paling sedikit perubahannya berada di sebelah selatan. (RDH)