Judul: Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP di Kota Yogyakarta

Penulis: Eri Setyowati

Subjek: Pengajaran

Jenis: Tesis

Tahun: 2012

Abstrak

Tujuan dari penulisan tesis ini adalah menganalisis fqaktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar bahasa Inggris siswa SMP di Kota Yogyakarta baik secara parsial maupun secara simultan. Faktor-faktor yang diduga berpengaruh adalah lingkungan keluarga, gaya belajar, strategi belajar bahasa dan kemempuan awal siswa. 

            Fokus dalam penelitian ini adalah pada salah satu lingkungan yakni lingkungan keluarga. Lingkungan keluarga merupakan tempat pertama bagi siswa untuk belajar bersama orang-orang terdekatnya. Lingkungan keluarga yang membentuk anak didik dengan membiasakan berbahasa yang baik dan sopan, maka anak tumbuh dengan sikap yang baik,  mampu mengelola bahasa yang akan diucapkan dengan sistematis. Pembelajaran bahasa Inggris di tingkat SMP ditargetkan agar peserta didik pada tingkatan ini mencapai empat tingkat literal tertentu yang meliputi: performance, functional, informational, dan epistemic. Pada tingkat performance siswa diharapkan mampu membaca, menulis, dan mendengarkan serta berbicara dengan simbol-simbol yang ada; tingkat kedua, functional, siswa mampu menggunakan bahasa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti membaca surat kabar; tingkat ketiga yakni informational,  siswa mampu mengakses pengetahuan dengan kemampuan bahasanya; terakhir tingkat epistemic, siswa dapat mengungkap pengetahuan ke dalam bahasa target (http://www.puskur.net/inc/si/smp/bahasainggris.pdf.).

            Metode penelitian yang dipakai adalah metode kuantitatif dengan metode ex-post facto. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratifield random sampling. Populasi penelitian sebesar 6281 siswa kelas IX SMP di Kota Yogyakarta. Sampel penelitian sebesar 342 siswa kelas IX SMP di Kota Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi nilai. Pengukuran  validitas instrumen menggunakan validitas product moment correlation. Uji reliabilitas menggunakan conbrach Alpha. Data dianalisis dengan regresi dengan bantuan program komputer SPSS versi 17.00 for windows.

            Hasil analisis deskriptif menggambarkan bahwa hasil belajar bahasa Inggris siswa SMP di Kota Yogyakarta terkategori baik (47%), lingkungan keluarga siswa terkategori cukup (46%), gaya belajar siswa terkategori cukup (58%), dan strategi belajar bahasa terkategori cukup (46%) serta kemampuan awal siswa terkategori baik (49%). Hasil analisis regresi parsial menunjukkan lingkungan keluarga tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar bahasa Inggris, sedangkan gaya belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar bahasa Inggris, strategi belajar bahasa memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar bahasa Inggris dan kemampuan awal berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar bahasa Inggris. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan hasil uji F sebesar 143,39 dan besar signifikansi adalah 0,000 pada probabilitas 5% yang berarti secara bersama-sama lingkungan keluarga, gaya belajar, strategi belajar dan kemampuan awal berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar bahasa Inggris dengan kontribusi efektif sebesar 63%. [ALOY]