Judul: Proses Morfofonemis Prefiks Me(N)-(-Kan, -i) dan Pe(N)-(-an) pada Kata Serapan dari Bahasa Inggris dalam Bahasa Indonesia Kontemporer

Penulis: Jaja

Subjek: Sintaksis

Jenis: Tesis

Tahun: 1998

Abstrak

Penyerapan unsur bahasa terjadi karena adanya kontak budaya. Peristiwa saling memengaruhi itu sebenarnya merupakan sesuatu yuang alamiah dan wajar. Bahasa Indonesia (BI) pun tidak dapat menghindari pengaruh itu. Pengaruh bahasa asing, terutama bahasa Inggris, terhadap bahasa Indonesia akan semakin terasa pada saat sekarang ini. Hal ini dapa dimaklumi mengingat di satu BI merupakan salah satu bahasa yang masih mengalami pertumbuhan. Di sisi lain, sebagai sebuah bahasa internasional, bahasa Inggris banyak digunakan dalam komunikasi antarbangsa, baik secara lisan maupun secara tertulis.

     Kenyataan menunjukkan bahwa tidak semua kata serapan itu takluk pada sistem kaidah BI. Penyesuaian  bentuk pun tidak selalu dapat diatasi. Oleh karena itu, sebagai sebuah proses fonologis dalam suatu proses morfologis, proses morfofonrmis prefiks me-(N)-(-kan, -i) dan pe(N)-(-an) tentu akan menghasilkan bentuk atau kaidah, perubahan kelas kata, dan makna gramatikal.

     Tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan kaidah, kelas kata, dan makna gramatikal yang dihasilkan proses morfofonemis prefiks me(N)-(-kan, -i) dan pe(N)-(-an) pada kata serapan dari bahasa Inggris dalam Bahasa Indonesia Kontemporer (BIK).

     Di dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif. Dengan metode ini penelitian dilakukan semata-mata berdasarkan fakta yang ada atau fenomena empiris sehingga hasil penelitian diharapkan akan berupa perian bahasa yang bersifat potret atau paparan seperti apa adanya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik simak catat. Teknik ini dipilih mengingat sumber data utama penelitian berupa data tulis yang diperoleh dari kamus, buku, majalah, dan surat kabar.  Analisis menggunakan metode kajian distribusional. Selain menggunakan metode kajian tersebut, untuk mengetahui perubahan bunyi sebagai akibat dari peristiwa moefemis digunakan pula meode kajian padan fonetik artikuler. Kajian tentang bentuk dan kaidah proses morfofonemis prefiks me(N)-(-kan, -i) dan proses morfofonemis prefiks peN)-(-an) dilakukan dengan menggunakan teknik kajian bagi unsur langsung (BUL).

     Sesuai dengan rumusan masalah dan kajian penelitian, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. Pertama,  proses morfofonemis prefiks me(N)-(-kan, -i) pada suku kata serapan dari bahasa Inggris dalam BIK menghasilkan bentuk kaidah monosilabis berkluster tak berkluster, dwisilabis berkluster tak berkluster, trisilabis, berkluster tak berkluster dan polisilabis, berkluster tak berkluster.  Khusus pada kata serapan takberkluster yang bersuku lebih dari satu dan morfem dasarnya berawal dengan /k, p, s, t/, bentuk dan kaidahnya adalah dwisilabis, trisilabis, dan polisilabis. Kedua, proses morfofonemis prefiks peN)-(-an) pada kata serapan ari bahasa Inggris dalam BIK menghasilkan bentuk dan kaidah sebagai berikut. Bentuk dan kaidah proses morfofonemik prefiks peN)-(-an) pada kata serapan takberkluster yang bersuku lebih dari satu dan berfonem awal /k, s, p, dan t/. Ketiga, kelas kata yang dihasilkan proses morfofonemis prefiks me(N)-(-kan, -i) pada kata serapan dari bahasa Inggris dalam BIK adalah kategori verba turunan, baik yang terjadi secara infleksional maupun derivasional.

     Perubahan infleksional terdapat pada data yang morfem dasarnya berkategori verba, sedangkan perubahan derivasional terdapat pada data yang morfem dasarnya berkelas nomina dan adjektiva. Perubahan derivasional menghasilkan kategori verba denominal dan verba deadjektival. Keempat, kelas kata yang dihasilkan proses morfofonemis prefiks peN)-(-an) pada kata serapan dari bahasa Inggris dalam BIK adalah kategori nomina deverbal. Perubahan kategori terjadi secara derivasional karena nomina tersebut diturunkan langsung dari kategori verba turunan yang dihasilkan proses morfofonemis prefiks me(N)-(-kan, -i). Kelima, makna gramatikal yang dihasilkan proses prefiks me(N)-(-kan, -i) pada kata serapan dari bahasa Inggris dalam BIK adalah a) melakukan perbuatan, b) benefaktif, c) menjadikan objek, d) menjadikan sesuatu sebagai, e) membuat objek terkapar di, f) berlaku seperti atau menyerupai, g) menjadi, h) memasukkan objek ke dalam, i) menjatuhi objek dengan, j) menggunakan sebagai alat, k) memijit, l) memberikan, m) minum. [ALOY]