Judul: Struktur Alur dan Unsur Informasi Kumpulan Cerpen Dua Tengkorak Kepala

Penulis: Nur Azizah Syahril

Subjek: Analisis Sastra

Jenis: Tesis

Tahun: 2004

Abstrak

Dalam sebuah cerita pendek, alur merupakan dasar yang sangat penting. Alur merupakan kerangka dasar yang berperan mengatur bagaimana tindakan-tindakan harus berkaitan satu dan lainnya,, bagaimana tokoh harus digambarkan dan berperan dalam tindakan-tindakan itu, dan bagaimana situasi dan perasaan tokoh yang terlibat dalam tindakan-tindakan yang terkait dalam satu kesatuan. Peristiwa dalam alur suatu cerita pendek dapat dilkukiskan dalam sejumlah komponen melalui pendekatan analisis wacana. Wacana merupakan satuan bahasa terlengkap  dan utuh yang dibangun atas dasar komponen linguistik dan nonlinguistik dalam hierarki gramatika tertinggi yang membawa amanat lengkap yang disampaikan secara lisan maupun tulisan.

Penelitian ini berkaitan dengan analisis wacana cerpen Dua Tengkorak Kepala (DTK), khususnya berfokus pada alur cerita, unsur informasi, dan urutan kronologisnya peristiwa dalam wacana. Unsur-unsur informasi mencakup peristiwa, partisipan, hal yang bukan peristiwa , yaitu latar tempat, waktu, dan peristiwa; latar belakang yang berfungsi menjelaskan peristiwa; evaluasi melalui pilihan kata yang berkonotasi dan berkomentar sisipan; dan kolateral, yaitu informasi tentang peristiwa yang mungkin, tetapi tidak terjadi.  Penelitian ini mem punyai masalah pokok pada 1) Bagaimana struktur alur yang terdapat dalam cerpen DTK?; 2) Bagaimana urutan waktu dalam cerpen D TK?; dan 3) Unsur informasi apa yang terdapat dalam cerpen DTK? Sesuai dengan masalah yang telah dirumuskan, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur alur wacana cerpen DTK, dan mendeskripsikan unsur informasi yang terdapat dalam wacana cerpen DTK. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah informasi lebih jauh tentang struktur cerita pendek, sebagai rujukan informasi bagi peneliti lain untuk melakukan penelitian lanjutan wacana, khususnya dalam cerita pendek DTK, mengembangkan pengkajian tentang struktur alur dan unsur informasi cerita pendek, dan memperkaya khasanah hasil penelitian tentang alur dalam cerita pendek. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif, yaituuntuk menggambarkan struktur alur dan unsur informasi yang terdapat dalam kumpulan cerpen DTK dan termasuk penelitian kualitatif , yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa data tertulis dari kumpulan cerpen DTK. Termasuk penelitian kualitatif karena metode pengkajian yang dilakukan tidak dirancang dengan menggunakan prosedur statistik. Sumber data diambil dari beberapa teks narasi yang terdapat dalam kumpulan cerpen DTK yang diterbitkan oleh Harian Kompas tahun 2000 . Jumlah cerita dalam kumpulan cerita pendek tersebut sebanyak tujuh belas judul hanya diambil 6 judul sebagai sampel pertimbangan yang dipilih secara proposif, yaitu dipilih cerita yang  dianggap memenuhi kebutuhan analisis dalam penelitian, yaitu Dua Tengkorak Kepala/Motinggo Busye, Lebaran ini, Saya Harus Pulang/Umar Kayam, Telepon Dari Aceh/, Santan Durian/Hamzah rangkuti, Usaha Beras Jrangkung/Prasetyohadi, dan Mawar Merah/Yanusa Nugroho. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode pustaka, yaitu metode yang dilakukan dengan teknik analisis teks atau kajian isi dan metode simak, yaitumetode yang dilakukan melalui teknik catat. Teknik catat dilakukan dengan mencatat secara teratur dan sistematis semua hasil pengamatan  semua pengamatan yang dilakukan dengan mengidentifikasinya ke dalamkartu  data menurut jenisnya.

Data dianalisis dengan teknik pendekatan analisis wacana melalui analisis struktur alur wacana narasi (bentuk wacana yang menggambarkan dengan jelas kepada pembaca) dan unsur informasi (urutan kronologi).Keenam cerita yang dijadikan sampel dianalisis struktur alurnya dan unsur informasinya. Teks wacana dipilah-pilah dalam kalimat. Untuk analisis unsur informasi digunakan bagan jangka/rentang yang disebut Bagan Thurman, yaitu bagan yang menjelaskan berbagai informasi yang terdapat dalam teks yang mampu merekam informasi secara menyeluruh.

Hasil penelitian ini berupa penemuan a) Struktur alur wacana kumpulan DTK terdiri atas struktur alur lahir yang meliputi pembukaan, penanjakan, episode awal puncak, episode akhir puncak, penyimpulan dan struktur alur batin yang meliputi eksposisi, penggalak, pengembangan konflik, klimaks, peleraian, dan akhir cerita; b) Urutan waktu peristiwa dalam kumpulan cerpen DTK terjadi secara kronologis dengan ditandai oleh pemarkah keterangan waktu yang ada dalam cerita; c) Dalam kumpulan cerita DTK terdapat unsur-unsur informasi yang terdiri atas peristiwa dan hal-hal yang bukan peristiwa yang terdiri dari latar, latar belakang, kolateral, dan evaluasi. Selain itu, juga ditemukan beberapa partisipan pada setiap wacana dan pemunculan beberapa tokohselain tokoh utama. (RDH)