Judul: Cerita Anak pada Majalah TK Islam: Analisis Tema dan Moral serta Kontribusi Nilai Cerita pada Pembelajaran Anak TK

Penulis: Umar Sidik

Subjek: Struktur Sastra

Jenis: Tesis

Tahun: 2009

Abstrak

Masalah dalam pene1itian ini ialah bentuk penyajian cerita yang terdapat pada majalah TK Islam, tema dan pesan moralnya, serta kontribusi cerita dalam pembelajaran di TK Islam. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan bentuk penyajian cerita, mendeskripsikan tema dan pesan moral cerita, dan mendeskripsikan kontribusi cerita dalam pembelajaran di TK Islam. Populasi penelitian ialah cerita yang terdapat pada majalah­majalah TK Islam. Adapun sumber data yang dipilih adalah cerita yang ada dalam empat majalah TK Islam, yaitu Nabila, Raudhotul Athfal, Sahabat Muslim, dan Tunas Taqwa.Penyampelan dilakukan berdasarkan teknik purposive sampling dengan menetapkan 66 cerita sebagai proyek penelitiannya.

     Pengkajian dilakukan dengan menggunakan pendekatan intrinsik, yaitu melalui pembacaan 'secara mikroskopifclose reading) terhadap cerita; dan pendekatan fungsi, yaitu dengan menekankan telaahnya pada nilai-nilai yang dapat berkontribusi dalam pembeiajaran di TK Islam. Analisis data dilakukan dengan cara pembandingan antarteks, pembuatan kategori, penyajian tabulasi data dan deskripsi verbal. Selanjut membuat inferensi, yaitu suatu memahami secara mendalam, membandingkan satu dengan lainnya, dan membuat kesimpulan.

     Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ada tiga hal utama yang menyangkut bentuk penyajian cerita , yaitu: 1) Cerita yang terdapat pada majalah TK Islam mencakup dua bentuk, yaitu cerita berbentuk narasi dan komik strip; 2) Tema dan pesan moral yang terkandung di dalam cerita anak pada majalah TK Islam sangat bervariasi, yaitu ada 50 tema pokok dan 20 jenis pesan moral; 3) Ada 11 nilai cerita yang dapat berkontribusi dalam pembelajaran di TK, yaitu nilai pengembangan emosi, intelektual, imajinasi dan fantasi, sosial, etis dan religius, eksplorasi atau penemuan, bahasa, rasa keindahan, dan penanaman wawasan multikultural, penanaman kebiasaan membaca, serta penanaman nilai kepribadian. (RDH)